Entertainment
·
21 September 2020 12:55

AIESEC in Binus Ajak Anak Muda Melek Finansial Lewat Impact Circle

Konten ini diproduksi oleh kumparan
AIESEC in Binus Ajak Anak Muda Melek Finansial Lewat Impact Circle (68932)
com-Ilustrasi Anak Muda Melek Finansial. Foto: Shutterstock
AIESEC in Binus mengajak anak muda melek finansial lewat gelaran Impact Circle pada Jumat (18/9) lalu. Forum diskusi ini merupakan wadah komunikasi untuk saling berbagi pandangan soal Sustainable Development Goals (SDGs).
ADVERTISEMENT
Impact Circle yang mengangkat topik How Technology Helps Improve YOUth’s Financial Lives itu, dihadiri lebih dari 2.300 orang secara online melalui Zoom dan YouTube. Terdapat juga partisipan dari Singapura, Afrika, dan Turki.

Tips finansial dari para profesional

Impact Circle ini terbagi menjadi tiga sesi yaitu Why, What, dan How dari topik yang diangkat. Ketiganya dibawakan oleh narasumber berbeda.
Why dibawakan oleh Karaniya Dharmasaputra yang merupakan President OVO dan juga CEO BAREKSA. Pada sesi ini dia membahas alasan anak muda perlu mengelola keuangan dengan bijak.
Menurutnya, menabung di bank saja tidak cukup. Anak muda sebaiknya mulai berinvestasi ke berbagai platform yang aman dan terjamin, seperti investasi reksadana, saham, atau surat obligasi negara.
AIESEC in Binus Ajak Anak Muda Melek Finansial Lewat Impact Circle (68933)
Ilustrasi investasi. Foto: Pixabay
Selanjutnya, sesi What dibawakan oleh Gitta Amelia selaku pendiri dari EverHaus Ventures dan juga brand Secondate Beauty. Ia membahas tentang kecenderungan generasi Z punya mimpi besar menjadi pemimpin dan entrepreneur yang memiliki dampak.
ADVERTISEMENT
"Dengan mimpi yang besar, dibutuhkan juga persiapan dan perencanaan yang matang. Cara paling mudah untuk memulai adalah dengan mengelola keuangan pribadi terlebih dahulu. Manfaatkan teknologi yang ada di sekitar untuk melek secara finansial," katanya, dari keterangan yang diterima kumparan.
Gitta menambahkan, agar anak muda mulai melakukan budgeting untuk setiap pengeluaran dan lebih bijak dalam mengalokasikan pendapatan.
AIESEC in Binus Ajak Anak Muda Melek Finansial Lewat Impact Circle (68934)
Investasi untuk anak muda. Foto: Shutterstock
Terakhir ada topik How yang dikemas dalam bentuk talkshow bersama Fellexandro Ruby dan moderator Timothy Ronald.
Fellexandro Ruby merupakan seorang pengusaha dan content creator podcast Thirty Days of Lunch, yang berisi tips dan trik menangani masalah finansial.
Sementara, Timothy Ronald merupakan seorang financial influencer dan pengusaha muda yang sedang merintis platform edukasi finansial bernama Ternak Uang.
ADVERTISEMENT
Mereka membahas banyak hal dari cara anak muda dapat memulai mengelola keuangan, sampai berbagi pengalaman dalam mengatasi masalah finansial.
"Berinvestasi tidak hanya dalam hal keuangan, melainkan juga dapat dimulai dari diri sendiri dengan menekuni passion atau hobi, serta memperkaya dengan ilmu pengetahuan sebagai dasar pengembangan diri," ucap Ruby.