Alasan Kamu Perlu Mulai Sustainable Living dari Sekarang

14 Januari 2022 12:05
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Alasan Kamu Perlu Mulai Sustainable Living dari Sekarang (222135)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menikmati udara segar karena menerapkan sustainable living. Foto: Shutterstock
Sustainable living atau kehidupan berkelanjutan mungkin sudah tidak asing di telingamu. Gaya hidup ini mengajak para pelakunya untuk menggunakan sumber daya alam tanpa merusak lingkungan. Tujuannya, agar anak cucu kita bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan.
Terdengar sepele, tapi sustainable living menjadi salah satu upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global. Tahukah kamu, berdasarkan laporan NASA, bumi telah mengalami kenaikan suhu yang ekstrim. Bahkan, pada 2020, suhu bumi merupakan suhu terpanas kedua dalam sejarah manusia.
Pemanasan global ini pun menyebabkan kerusakan yang lebih parah, yaitu krisis iklim. Pola cuaca menjadi tidak bisa diprediksi, gelombang panas laut memusnahkan terumbu karang dan memicu ledakan alga beracun, bencana alam yang lebih sering terjadi, hingga masalah kesehatan serius yang bisa saja kita alami.
Kamu pun bisa membayangkan betapa mengerikannya bila kondisi tersebut dibiarkan. Pada dasarnya, sustainable living bukan sekadar peduli terhadap keberlangsungan hidup kita sendiri, melainkan seluruh umat manusia secara luas.
Memangnya, kenapa sih kamu perlu memulai sustainable living? Bukankah urusan lingkungan tidak hanya dibebankan kepada seorang individu?
Alasan Kamu Perlu Mulai Sustainable Living dari Sekarang (222136)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menerapkan kehidupan berkelanjutan. Foto: Shutterstock
Memang, manfaat menerapkan kehidupan berkelanjutan tidak dirasakan dalam sekejap mata. Namun, secara tidak sadar kamu bisa menghirup udara yang lebih bersih, menikmati kondisi cuaca yang tidak terlalu ekstrem, hingga melihat keindahan bumi dalam jangka waktu lama. Hal-hal kecil yang kamu lakukan pada akhirnya akan berdampak besar untuk semesta yang kamu tinggali.
Sustainable living bisa dimulai kapan saja dan di mana saja. Sesederhana memaksimalkan penggunaan suatu barang dalam jangka waktu yang lama. Misal, kaleng bekas susu bisa dimanfaatkan untuk wadah pasta kering, pot tanaman, hingga tempat pensil.
Biasakan untuk tidak menyisakan makanan dan membuangnya begitu saja. Sebab, gas metana yang dihasilkan sampah makanan bisa memicu ledakan. Tak heran, bila di tempat pembuangan sampah sering terjadi kebakaran yang tidak diketahui sumbernya.
Pada 2005 lalu, terjadi ledakan keras di TPA LeuwiGajah, Bandung, akibat gas metana yang dihasilkan sampah organik bereaksi dengan udara. Sebanyak 143 orang meninggal dunia dan dua pemukiman di sekitarnya, Kampung Cilimus dan Kampung Pojok, luluh lantak dengan sampah. Bila sudah begini, masihkah kamu menunggu banyak ledakan susulan akibat tidak peduli dengan sampah makanan?
Sustainable living juga dapat diterapkan dengan mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah saat makan. Sebagai brand yang menyadari pentingnya sustainable living, Electrolux mengajak konsumen untuk mengikuti gerakan #BanyakinSayurnya. Lewat gerakan ini, kamu dapat menjalani gaya hidup berkelanjutan pada tahap awal. Tak hanya baik untuk tubuh, #BanyakinSayurnya juga memberikan dampak positif bagi lingkungan.
Bila perlu, ganti alat masak yang bisa mendukung kehidupan berkelanjutan, salah satunya menggunakan Electrolux UltimateTaste. Lewat produk-produk tersebut, Electrolux berupaya untuk mengurangi dampak krisis iklim, dimulai dari dapur.

Ragam produk Electrolux UltimateTaste

1. Kulkas

Agar bahan makanan tidak cepat busuk dan terbuang sia-sia, kamu dapat menyimpannya di Electrolux UltimateTaste 300. Dengan fitur TasteLockAuto, lemari pendingin dari Electrolux ini dapat menjaga suhu kulkas tetap lembab, sehingga buah dan sayuran terjaga kesegarannya hingga 7 hari.
Alasan Kamu Perlu Mulai Sustainable Living dari Sekarang (222137)
zoom-in-whitePerbesar
Electrolux UltimateTaste 300. Foto: dok. Electrolux
Tak hanya itu, Electrolux juga menyematkan kompartemen TasteSeal dengan suhu konsisten -2 derajat celcius. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menyimpan produk hewani selama 7 hari tanpa pembekuan. Jangan khawatir, ada sistem penghilang bau TasteGuard yang bisa menyamarkan bau-bau tidak sedap dari makanan saat disimpan dalam kulkas.
Electrolux UltimateTaste 300 juga dilengkapi dengan fitur EvenTemp yang dapat meminimalkan fluktuasi suhu yang dapat menjaga rasa dan tekstur lebih lama. Membuatmu tak perlu ragu untuk menyiapkan meal preparation.

2. Kompor

Nutrisi dalam makanan bisa hilang bila terlalu lama terkena panas dalam proses memasak. Untuk menyiasatinya, kamu dapat menggunakan kompor dari Electrolux yang menghasilkan panas dan suhu yang stabil, sehingga makanan lebih cepat matang merata.
Bila kamu terbiasa memasak makanan dalam porsi besar, gunakan Kompor Tanam Gas Potenza yang memiliki tiga tungku dengan dudukan stabil dan lebar. Api yang dihasilkan pada kompor ini pun cenderung 57 persen lebih kuat dari kompor lainnya, sebab Electrolux telah menyematkan burner yang dapat menghasilkan panas api berkekuatan tinggi hingga 4,8kW.
Alasan Kamu Perlu Mulai Sustainable Living dari Sekarang (222138)
zoom-in-whitePerbesar
Kompor Tanam Gas Potenza. Foto: dok. Electrolux
Ada pula Hob Induksi Electrolux yang membuat tampilan dapurmu kian estetik. Kompor tanam ini dapat merebus 1 liter air hanya dalam 3 menit. Konsumsi dayanya juga rendah, 55 persen lebih efisien daya dibandingkan gas dan 20 persen lebih efisien dibandingkan hob keramik.
Bila kamu ingin yang lebih praktis, jangan bingung! Pilih Kompor Induksi Portable ETD29KC yang memiliki kontrol sentuh dengan 8 tingkat panas dan pengatur waktu 180 menit untuk mendidihkan atau merebus secara perlahan. Uniknya, kompor induksi portable ETD29KC memiliki sensor deteksi yang membuatnya mati otomatis bila tidak ada panci di tungku, sehingga tidak ada energi yang terbuang sia-sia.

3. Oven

Satu lagi perangkat masak Electrolux yang bisa mendukungmu menjalankan sustainable living. Ia adalah Microwave Oven Table Top 30L. Dengan alat ini, kamu bisa menciptakan makanan yang lebih bervariasi dan low fat. Mulai dari oven, grill, convection, steam, hingga aircook bisa kamu lakukan hanya dengan satu produk.
Alasan Kamu Perlu Mulai Sustainable Living dari Sekarang (222139)
zoom-in-whitePerbesar
Microwave Oven Table Top 30L. Foto: dok. Electrolux
Microwave Oven Table Top 30L juga mempunyai Autocook Program tanam. Lewat fitur ini, makanan gourmet yang dimasak di rumah bisa dibuat kapan pun karena kamu hanya perlu menekan satu tombol saja melalui pengaturan otomatis untuk kematangan yang pas.
Untuk informasi lengkap mengenai produk-produk Electrolux UltimateTaste, silakan klik di sini. Kamu juga bisa mendapatkan tips dan trik memasak hingga hal-hal yang berhubungan dengan sustainable living dengan follow Instagram Electrolux di sini.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Electrolux
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020