Buzz
·
24 Maret 2021 8:29

Apa Bedanya Protektif dan Posesif dalam Hubungan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apa Bedanya Protektif dan Posesif dalam Hubungan? (163193)
searchPerbesar
Ilustrasi. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Perhatian dan kasih sayang dari pacar emang dibutuhkan saat menjalin hubungan. Tapi kalau berlebihan, bisa bikin enggak nyaman sampai terkekang.
ADVERTISEMENT
Nah, kalau udah begini termasuk protektif atau posesif, ya? Apa, sih, bedanya?

Perbedaan Protektif dan Posesif dalam Hubungan

Dilansir Pinkvilla, ada garis tipis antara bersikap posesif dan protektif.
Seseorang yang posesif, akan mendominasi, mengendalikan, sampai mungkin merampas kebebasan hidupmu. Dia enggak ragu untuk memisahkanmu dari teman atau keluarga, kalau dirasa mengancam hubungan kalian.
Dia juga enggak ragu buat melanggar privasimu, dengan memeriksa handphone, riwayat internet, dan lainnya untuk selalu mengawasimu.
Selain itu, orang yang posesif juga cenderung mencoba mengubah kamu. Dia akan selalu mempertanyakan, mengkritik, sampai menurunkan harga dirimu kalau dianggap enggak sesuai dengan keinginannya.
Pasangan yang posesif akan menipu dan memanipulasi kamu agar percaya dengan melakukan sesuai perkataannya, kamu bisa menjadi lebih baik.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, orang yang protektif akan berusaha melindungi dengan selalu memastikan kamu aman dan baik-baik saja.
Dia juga bisa melarang kamu keluar sendirian terutama di malam hari. Dia akan melindungi kamu dari orang yang enggak dia suka dan akan melawan siapa pun yang menyakitimu.
Hati-hati, sikap protektif yang berlebihan enggak sehat buat hubungan. Sebab dia dapat merenggut kebebasanmu sampai menimbulkan ketakutan yang berlebihan.
Laporan: Afifah Inak