kumparan
27 Maret 2018 11:37

Apa Benar Kasus Gugatan Radiohead terhadap Lana Del Rey Sudah Usai?

Lana Del Rey
Lana Del Rey (Foto: REUTERS/Hannah McKay)
Kasus perseteruan hak cipta lagu antara dua musisi, Lana Del Rey dan Radiohead, yang sempat cukup ramai diperbincangkan beberapa waktu ke belakang, nampaknya telah menemukan titik terang.
ADVERTISEMENT
Dilansir NME, hal tersebut ditandai dengan dibawakannya lagu 'Get Free' secara live oleh penyanyi asal Amerika Serikat itu, dalam gelaran festival musik Lollapalooza Brasil pada Sabtu (24/3) lalu.
Sebelumnya, Lana Del Rey sempat mendapat gugatan dari manajemen Radiohead pada Januari lalu, karena lagu ciptaannya dianggap memiliki kemiripan dengan hits tahun 1993 milik Thom Yorke cs. yang berjudul 'Creep'.
Penyanyi berusia 32 tahun itu pun sempat membenarkan keberadaan gugatan tersebut, dengan mengunggah sebuah cuitan melalui akun Twitternya, @LanaDelRey, selang beberapa waktu setelah kabar gugatan itu meluas.
Namun, dalam video penampilannya di Brasil akhir pekan lalu, Lana terlihat sudah 'terbebas' dari jeratan kasus hak cipta tersebut, dengan memenuhi permintaan para penggemar yang bersorak 'Get Free!' kepadanya menjelang akhir set konsernya.
ADVERTISEMENT
"Karena kasus gugatannya sudah selesai, saya kira saya bisa menyanyikan lagu itu kapan saja saya mau, betul?" ucapnya setelah menyanyikan track berdurasi 5 menit 34 detik tersebut.
Meski begitu, belum ada komentar lebih lanjut dari kedua belah pihak, tentang jalur penyelesaian yang akhirnya disepakati oleh keduanya.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan