kumparan
Entertainment27 Desember 2017 17:06

Biar Enggak Kena Tipu, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Kaos Band

Konten Redaksi kumparan
Band T-Shirt Day: Acara Penggila Kaos Band
Band T-Shirt Day: Acara Penggila Kaos Band (Foto: Iqbal Dwiharianto/kumparan)
Belakangan ini, kaos band lagi jadi salah satu fashion item paling digemari banyak orang di dunia. Alasannya, enggak sedikit selebriti internasional yang mengenakan kaos band dan secara enggak langsung membuat tren fashion tersendiri.
ADVERTISEMENT
Dengan keunikan yang dimilikinya, wajar rasanya bila hal tersebut terjadi. Kaos band sudah bagaikan sebuah hal yang wajib diproduksi oleh sebuah band, disamping dari karya-karya musiknya.
Namun, sama halnya seperti rilisan fisik, kaos band juga rupanya diikuti dengan beredarnya barang palsu (bootleg) di pasaran.
Bagi kalian yang baru akan memulai koleksi kaos dari band-band favorit kalian, sebisa mungkin jangan sampai mau tertipu dengan barang-barang palsu. Nah, supaya tahu cara membedakan kaos asli dan palsu, coba baca dulu rangkuman dari kumparan (kumparan.com) tentang lima cara mengetahui keaslian kaos band yang dilansir dari laman fashionmagazine berikut ini.
1. Periksa tag
Sebuah kaos band yang orisinil biasanya dikenal memiliki tag (tanda) yang menempel di bagian belakakng leher. Tanda tersebut, selain menandakan nama produsennya, bisa juga digunakan sebagai tanda usia kaos tersebut, terutama untuk kaos band vintage.
ADVERTISEMENT
2. Periksa informasi hak cipta
Copyright kaos band
Copyright kaos band. (Foto: Iqbal Dwiharianto/kumparan)
Selain tag, jangan lupa juga untuk periksa hak cipta (copyright) pada desain, atau artwork yang menempel pada kaos band yang akan kamu beli. Kaos yang asli biasanya akan mencantumkan sebuah tulisan kecil berupa tahun pembuatan desain tersebut.
3. Periksa kondisi
Saat membeli kaos band, terutama yang vintage, kondisi kaos tersebut biasanya akan tampak enggak sepenuhnya prima, atau seperti pernah digunakan. Sebab, bila kondisinya masih terlihat sangat bersih dan jernih (pristine), ada kemungkinan bahwa kaos tersebut merupakan hasil produksi ulang.
4. Periksa harga
Jangan kaget kalau harga selembar kaos band bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Karena, selain dari artworknya, edisi sebuah kaos band juga bisa mempengaruhi harga jualnya. “Harga enggak akan menipu kualitas” mungkin adalah sebuah peribahasa yang perlu diingat saat akan membeli kaos band.
ADVERTISEMENT
5. Beli dari penjual terpercaya
Supaya enggak tertipu dengan barang palsu, yang paling mudah dilakukan sebenarnya adalah dengan membelinya dari toko merchandise resmi, atau yang sudah terpercaya. Karena selain mendapatkan jaminan mutu, ada juga kemungkinan untuk kalian mendapatkan bonus-bonus tertentu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan