Bisnis
·
22 Juli 2021 13:00
·
waktu baca 3 menit

Buat WFH Lancar, Ini 3 Tips Ampuh Supaya Tak Burn Out

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Buat WFH Lancar, Ini 3 Tips Ampuh Supaya Tak Burn Out (33769)
searchPerbesar
Jangan panik ketika WFH! Ini 3 tips ampuh hindari burn out di masa pandemi. Foto: IM3 Ooredoo.
Selama kasus penyebaran COVID-19 masih terus meningkat, banyak perusahaan memutuskan untuk menerapkan work from home (WFH). Hal ini tentu membuat beberapa dari kita mulai overthinking atau bahkan merasa stres, karena jam kerja yang seolah tak pasti.
Secara umum, bekerja di rumah memang merupakan tindakan yang tepat untuk meminimalisasi penyebaran virus corona. Dilansir Bureau of Labor Statistics, WFH terbukti berhasil menekan penyebaran virus pada klaster perusahaan atau perkantoran secara efektif.
Namun ternyata lika-liku “bekerja dari rumah” lebih kompleks. Financial Review mengemukakan bahwa di balik WFH yang memang berdampak baik, waktu kerja meningkat dan membuat para pekerja harus overtime hingga 4,6 hingga 5,25 jam per hari.
Dengan workload yang semakin banyak, banyak karyawan yang merasa sendiri. Alhasil, ada perasaan hampa dan terjebak dalam rutinitas yang “begitu-begitu saja”. Bahkan pada beberapa kasus, tak sedikit yang merasa kehilangan kepercayaan diri atas karya dan pekerjaannya. Ya, semua ini mengarah burn out syndrome.
Melihat permasalahan di atas, jangan sampai benar-benar kebakaran jenggot, teman kumparan! Penting bagi semua pekerja untuk mengetahui bahwa burn out akan mengganggu pikiran, mental, serta teamwork.
Karenanya, kini kumparan akan membahas tiga tips ampuh yang bisa kamu lakukan supaya tak burn out selama WFH sampai pandemi ini selesai.

1. Membuat jadwal dan batasan waktu kerja, harus tegas antara work time dan me time

Buat WFH Lancar, Ini 3 Tips Ampuh Supaya Tak Burn Out (33770)
searchPerbesar
Perhatikan waktu bekerja dan beristirahat, ya! Foto: Shutterstock.
Dilansir Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, WFH memang sangat berpotensi meningkatkan risiko masalah psikososial karena waktu kerja yang tidak jelas. Karenanya, cara mengatasi burn out yang paling mendasar adalah membagi jadwal dan membuat batasan yang jelas antara waktu kerja dan waktu beristirahat.
Dengan jadwal dan batasan waktu kerja yang dibuat dengan bijak, kamu bisa mendapatkan work life balance. Dimulai dengan membuka pekerjaan dengan sarapan ringan, lalu memberikan waktu istirahat 30 menit hingga 1 jam untuk makan siang. Terakhir, pastikan semua pekerjaan selesai sebelum jam makan malam.
Jika memang pekerjaanmu terlalu banyak, urutkan skala prioritas dan kerjakan dari yang paling genting. Jangan paksakan diri untuk menghabiskan semua pekerjaanmu di hari yang sama. Ketahuilah, membagi porsi dan waktu pengerjaan bukanlah “menunda”. Jadi, jangan merasa bersalah, ya!
Selanjutnya, me time juga penting. Kamu bisa me time dengan membaca buku, menonton film atau serial favoritmu, olahraga, yoga, memasak, dan hobi yang lain. Gunakan waktu ini untuk bersyukur, beristirahat, dan menenangkan pikiranmu.

2. Ajak orang-orang terdekat untuk ngobrol atau curhat setelah WFH

Buat WFH Lancar, Ini 3 Tips Ampuh Supaya Tak Burn Out (33771)
searchPerbesar
Mengobrol dengan orang lain dapat meredakan rasa jenuh di pekerjaan. Foto: Shutterstock.
Bila kamu jenuh dengan rutinitas kantor yang stagnan dan tidak membuatmu merasa berkembang, jangan langsung memutuskan untuk resign. Cobalah bersosialisasi dengan orang-orang terdekat untuk sekadar meminta saran atau bercerita.
Pastikan dirimu sudah benar-benar siap dan terbuka untuk menerima orang lain. Jika tidak, takutnya obrolan atau waktu curhat malah membuatmu semakin merasa janggal. Tidak apa-apa untuk memulainya kepada satu atau dua orang terlebih dahulu. Jangan paksakan dirimu untuk langsung terbuka dan haha hihi, karena semua orang punya prosesnya masing-masing.

3. Belajar dan temukan passion baru, bisa di bidang yang sama atau bertolak belakang

Buat WFH Lancar, Ini 3 Tips Ampuh Supaya Tak Burn Out (33772)
searchPerbesar
Jika bisa, luangkan waktu untuk belajar dan menemukan passion baru supaya tak melulu pusing pada pekerjaan. Foto: Shutterstock.
WFH memang membatasi ruang gerak kita untuk berinteraksi secara langsung. Namun di sisi yang lain, banyak sekali kelas, webinar, workshop yang dibuka secara virtual. Waktunya untuk memanfaatkan kesempatan ini supaya terhindar dari burn out.
Kamu bisa memperdalam ilmu dan pengalaman yang lebih banyak dengan mengikuti acara-acara virtual ini. Misalnya, kamu adalah seorang seniman, kamu bisa ikut diskusi dalam forum seniman nasional atau internasional. Jika kamu adalah seorang programmer pemula, kamu bisa ikut kelas dan sertifikasi gratis dari berbagai situs education tech. Siapa tahu kamu mendapatkan wawasan baru dan bisa membuat karya-karya baru?
Sebaliknya, kamu bisa belajar hal-hal baru atau bahkan menemukan passion yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan. Kamu bisa mulai belajar masak dari atau berkebun dari media sosial, membaca buku baru dari situs e-book, dan masih banyak lagi. Tak ada yang tak mungkin!
Nah, setelah mengetahui tiga tips di atas, hal berikutnya yang perlu dipersiapkan adalah koneksi internet yang cepat, memadai, dan dapat menyesuaikan dengan caramu sendiri. Semua yang kamu butuhkan untuk terhindar dari burn out ketika WFH ada dalam Prime dari IM3 Ooredoo Propaid.
Buat WFH Lancar, Ini 3 Tips Ampuh Supaya Tak Burn Out (33773)
searchPerbesar
IM3 Ooredoo Propaid luncurkan Prime, sudah tahu? Foto: IM3 Ooredoo.
Menjawab permintaan para penggunanya selama berkegiatan di rumah, Indosat Ooredoo mengerti bahwa semua orang membutuhkan layanan internet yang berkualitas dan terjangkau di masa pandemi. Maka dari itu, Indosat Ooredoo menghadirkan sub-brand baru IM3 Ooredoo Propaid dengan Prime sebagai produk utamanya.
Prime dari IM3 Ooredoo Propaid tak hanya memberikan berbagai keuntungan eksklusif, tetapi juga hadir dengan pilihan metode pembayaran di awal atau di akhir; sesuai dengan kemampuan dan preferensi pelanggan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan seperti kuota besar hingga 150 GB yang lengkap dengan data rollover, hingga jaringan prioritas yang lebih optimal.
Saat hendak me time, kamu bisa menonton banyak film karena mendapatkan akses premium gratis ke Amazon Prime Video dan lebih dari 20 aplikasi streaming populer lainnya.
Ketika ingin ngobrol atau curhat, kamu bisa lakukan dengan aman dan nyaman secara virtual. Tanpa kendala, koneksi lancar dari benefit network priority IM3 Ooredoo akan menjadikan momen voice call atau video call kamu jadi lebih berkesan.
Ingin belajar dan temukan passion baru? Tak usah khawatir kesulitan! Kamu dapat mengikuti kelas-kelas dan workshop virtual, atau sekadar menonton video tutorial dari semua media sosial tanpa buffering.
Buat WFH Lancar, Ini 3 Tips Ampuh Supaya Tak Burn Out (33774)
searchPerbesar
Saatnya naik level! Bayar di depan atau belakangan, kamu yang tentukan. Hanya di Prime dari IM3 Ooredoo Propaid. Dok. IM3 Ooredoo.
Prime dari IM3 Ooredoo Propaid tersedia dalam beberapa pilihan, antara lain:
  1. Total kuota 30 GB, Rp 110.000 per bulan
  2. Total kuota 60 GB, Rp 220.000 per bulan
  3. Total kuota 100 GB, Rp 330.000 per bulan
  4. Total kuota 150 GB, Rp 495.000 per bulan
Semua paket di atas termasuk dengan gratis nelpon ke sesama dan semua operator hingga 300 menit, gift voucher Tokopedia senilai Rp 50.000, dan gratis 100 GB Google Cloud Storage.
Tertarik untuk segera bergabung menjadi pelanggan Prime dari IM3 Ooredoo Propaid? Segera dapatkan penawaran terbaik untukmu dengan klik di sini atau dengan mengunjungi Gerai Indosat Ooredoo atau Eraplus terdekat. Untuk info selengkapnya, kamu dapat kunjungi situs resmi IM3 Ooredoo.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Indosat Ooredoo