Untitled Image

Cloud Kitchen: Bisnis Kuliner Tanpa Dapur, Minim Modal Cuan Maksimal

22 September 2021 11:00
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Bisnis kuliner turut terdampak pandemi COVID-19. Enggak sedikit yang harus menutup restoran dan kehilangan pekerjaan.
ADVERTISEMENT
Namun bukan berarti usaha di sektor ini enggak bisa bertahan. Salah satu cara buat mengatasinya ialah lewat cloud kitchen.
Konsep ini merupakan solusi dapur bersama, dengan penyedia jasa cloud kitchen mengadakan fasilitas memproduksi makanan dan minuman dari berbagai brand kuliner.
Cloud kitchen enggak cuma menawarkan fasilitas memasak, tapi juga jasa pesan antar.
Selain itu, dapat membantu di kala peraturan makan di tempat masih dibatasi secara ketat.
Enggak cuma memudahkan di sektor produksi dan pelayanan, cloud kitchen juga bikin cuan. Menurut Mario Suntanu selaku Co-Founder & CEO Yummy Corp yang memiliki unit bisnis cloud kitchen Yummykitchen sejak 2019, jumlah transaksi tumbuh secara signifikan hingga tujuh kali lipat selama pandemi COVID-19.
Makanya, cloud kitchen dinilai menjadi solusi adaptif mengingat restoran belum bisa beroperasi sebebas dulu, sementara biaya operasional tetap sama.
ADVERTISEMENT
Bagi yang baru mau mulai usaha, cloud kitchen punya sejumlah kelebihan. Melalui kerja sama dengan restoran atau dapur mitra, para pemilik bisnis kuliner enggak perlu repot mencari lokasi-lokasi baru supaya bisa lebih dekat ke pelanggan.
Bisnis restoran dengan konsep ini bisa meminimalisasi keperluan tenaga kerja secara lebih signifikan. Selain minimnya tingkat biaya operasional yang diperlukan, cloud kitchen juga dapat membuat pengusaha kuliner fokus mengembangkan produk.
Nah, dengan modal yang minim tersebut, dapat membuka peluang untuk para pebisnis agar bisa lebih fleksibel dalam menjual produknya secara lebih inovatif.

Cari Tahu Lebih Lanjut soal Cloud Kitchen di Festival UMKM kumparan 2021

Pengin tahu seluk-beluk soal cloud kitchen? Yuk, ikutan talkshow Cloud Kitchen: Bisnis Kuliner Tanpa Dapur, Minim Modal Cuan Maksimal di Festival UMKM kumparan pada 26 Oktober 2021 pukul 10.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Bakal ada Mario Suntanu selaku Co-Founder & CEO Yummy Corp dan Rahma Putri selaku Founder & CEO Mookie yang berbagi ilmunya soal cloud kitchen di talkshow ini, lho!
Tenang aja, talkshow-nya gratis, gaes! Kamu cukup mendaftar di kum.pr/tiketumkm. Jangan sampai ketinggalan, ya!
Cloud Kitchen: Bisnis Kuliner Tanpa Dapur, Minim Modal Cuan Maksimal (15837)
zoom-in-whitePerbesar
Festival UMKM kumparan dok kumparan