plastic reborn coca-cola sampah plastik.jpg
3 November 2020 19:05

Coca-Cola Dukung Ekonomi Sirkular di Indonesia Lewat Plastic Reborn

Coca-Cola Dukung Ekonomi Sirkular di Indonesia Lewat Plastic Reborn (106887)
Plastic Reborn 2.0 dok Coca-Cola
Kemasan plastik pasca konsumsi telah menjadi sebuah persoalan yang mendapat perhatian masyarakat global dalam beberapa waktu terakhir. Namun jika dilihat dari sudut pandang industri, plastik merupakan bahan baku yang memiliki nilai manfaat ekonomi untuk industri dan masyarakat.
ADVERTISEMENT
Jumlah angka plastik yang didaur ulang di Indonesia saat ini masih rendah, salah satu penyebabnya adalah pengumpulan dan pengelolaan plastik paska konsumsi yang belum optimal. Dengan memahami potensi kemasan plastik pasca konsumsi serta pengumpulan dan pengelolaan sampah yang lebih tepat, dapat bersama membantu mencari solusi untuk mendukung keberhasilan ekonomi sirkular di indonesia. Seperti Coca-Cola melalui Coca-Cola Foundation Indonesia bersama Ancora Foundation yang telah mengambil langkah pasti lewat gerakan Plastic Reborn.
Dalam mewujudkan visi World Without Waste, Coca-Cola bersama para mitra terus berupaya untuk mencari solusi terkait permasalahan kemasan plastik. Melalui tiga pilar Design-Collect-Partner, Coca-Cola memiliki komitmen untuk menggunakan 100persen kemasan yang dapat didaur ulang secara global pada 2025, menggunakan setidaknya 50 persen bahan daur ulang dalam kemasan pada 2030, serta mendukung upaya pengumpulan dan mendaur ulang setiap botol plastik yang terjual dan dikonsumsi oleh masyarakat di 2030.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, Coca-Cola menjalankan visi World Without Waste melalui Plastic Reborn yang menjadi payung dalam berbagai inisiatif keberlanjutan dalam penanganan sampah plastik. Gerakan ini juga memiliki tujuan mengurangi dampak limbah kemasan melalui beberapa strategi, mulai dari edukasi hingga penerapan secara nyata.
Inisiatif tersebut dimulai dengan Plastic Reborn 1.0 pada 2018 untuk memberi inspirasi perubahan perilaku kepada generasi muda tentang pengelolaan sampah kemasan plastik. Terdapat tiga fungsi yang dijalankan, yaitu:
  • Educate
Memberikan pemahaman edukasi kepada lebih dari 30 ribu pelajar dan mahasiswa di Indonesia.
  • Empower
Memberikan kesempatan dan akses wawasan kepada sekolah dengan program berbasis pengelolaan sampah.
  • Inspire
Mendemonstrasikan bagaimana sampah botol plastik dapat didaur ulang menjadi produk yang fashionable dengan nilai tinggi.
ADVERTISEMENT
Melalui Plastic Reborn 1.0 ini, Coca-Cola telah berhasil mengedukasi lebih dari 4.300 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan memfasilitasi pengumpulan kemasan plastik pascakonsumsi di lebih dari 100 titik sekolah dan universitas di kawasan Jakarta dan Bekasi, yang kemudian telah dikelola dan diproses menjadi tas serbaguna bernilai komersial.
Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan dari Coca-Cola, pada 2019 Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) bersama Ancora Foundation telah meluncurkan Plastic Reborn 2.0. Gerakan ini bertujuan mengajak dan membina talenta-talenta muda penggiat sampah Indonesia, untuk berkolaborasi menghasilkan solusi pengumpulan limbah kemasan yang berorientasi pada penggunaan teknologi, dengan pendekatan unik akselerasi bisnis berbasis limbah.
Plastic Reborn 2.0 juga dijalankan dengan prinsip utama untuk dukung kolaborasi para anak muda penggiat sampah, agar menghasilkan sistem persampahan dan daur ulang yang lebih baik. Gerakan ini juga terdiri dari fungsi, yaitu:
ADVERTISEMENT
  • Engage
Mengidentifikasi berbagai potensi bisnis, sebagai landasan dari pembelajaran yang diperoleh di fase 1.0.
  • Nurture
Menghasilkan ide bisnis yang paling kuat dan mengaplikasikannya ke dalam model bisnis yang saat ini dengan praktik terbaik.
  • Advance
Memperkenalkan dan menghubungkan peserta dengan pemangku kepentingan bisnis yang relevan.
Plastic Reborn 2.0 memberikan hibah (grant) kepada tiga startup terpilih sebesar total USD 250 ribu atau setara Rp 3,6 miliar yang akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan serta mengembangkan model bisnis dalam hal sistem pengumpulan dan pemrosesan limbah yang lebih baik.
Selain itu, program ini juga memfasilitasi para startup untuk mengikuti program akselerasi bisnis melalui kegiatan lokakarya dan bimbingan dari para mentor profesional, serta mengembangkan jaringan bisnis mereka melalui Coca-Cola Foundation dan Ancora Foundation.
ADVERTISEMENT
Plastic Reborn 2.0 merupakan satu-satunya program yang memberikan grant, in-depth mentoring serta kesempatan kolaborasi untuk menciptakan marketplace dalam sistem persampahan dan daur ulang di Indonesia.
Sejak diluncurkan pada Juli 2019, Plastic Reborn 2.0 telah memberikan pendampingan kepada dua startup asal Sulawesi Selatan MallSampah dan Clean Up Indonesia, serta Gringgo asal Bali dalam mengakselerasi bisnis mereka dengan memperkuat kapasitas usaha, serta menghasilkan berbagai pencapaian di bidang pengelolaan dan daur ulang sampah.
Ketiganya menghasilkan solusi pengumpulan limbah kemasan plastik pasca konsumsi, yang memanfaatkan teknologi untuk menciptakan cara menuju ekosistem ekonomi sirkular, berdasarkan pengelolaan limbah yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.
Kolaborasi ketiganya menghasilkan berbagai pencapaian. Seperti MallSampah dan Clean Up yang melahirkan inovasi “Mixed Waste”, serta Clean Up dan Gringo mengembangkan “Smart Waste Platform”.
ADVERTISEMENT
Teknologi ini mendukung pengembangan serta memperkuat kapasitas usaha dari para startup di bisnis pengelolaan dan daur ulang sampah. Sehingga bisnis dengan menggunakan pendekatan ekonomi sirkular dapat terus berkembang.