kumparan
26 Juni 2018 16:22

Curhat Pejuang PTN Menunggu Pengumuman SBMPTN 2018

Universitas Padjajaran
Universitas Padjajaran (Foto: Wikimedia Commons)
Hasil pengumuman ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 akan diumumkan pada awal Juli mendatang. Mengacu pada laman resmi SBMPTN, pengumuman tersebut akan dilaksanakan pada Selasa (3/7), pukul 17.00 WIB yang bisa diakses di http://pengumuman.sbmptn.ac.id.
ADVERTISEMENT
Dari total 860.001 siswa, sebanyak 341.290 siswa mengikuti ujian saintek, 359.140 mengikuti ujian soshum dan 159.571 mengikuti ujian campuran. Novalia adalah salah satu peserta SBMPTN 2018.
Kepada kumparan, Novalia mengaku bahwa menunggu hasil pengumuman ini membuatnya merasa khawatir.
“Enggak bisa santai, soalnya enggak bisa menebak bakal keterima (SBMPTN) atau enggak. Harapannya, sih, bisa keterima,” ujar Novalia.
Novalia enggak sendirian. Syabilla, alumni SMAN 2 Jakarta, juga merasakan kegundahan yang sama. Meski begitu, ia mengaku mempunyai trik khusus untuk mengatasi hal tersebut.
“Deg-degan, soalnya sekarang belum daftar cadangan swasta sama sekali. Tapi gue coba alihkan perhatian gue dengan nonton dan dengerin lagu. Semoga nanti bisa dapat hasil yang terbaik,” lanjut Syabilla.
Dari sekian banyak program studi yang dipilih oleh para peserta, Ilmu Hukum Universitas Indonesia (UI) jadi prodi dengan peminat terbanyak dari program studi Soshum. Sementara itu, dari program studi Saintek, Kedokteran Universitas Indonesia jadi prodi dengan peminat terbanyak.
ADVERTISEMENT
Well, tanggal 3 Juli memang tinggal hitungan jari. Rasa khawatir pasti mewarnai perasaan para siswa yang sedang ‘digantungkan’ oleh hasil pengumuman. Semoga berhasil para pejuang PTN! Penulis: Arya Putra / SPEAR SMAN 2 Jakarta
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan