kumparan
15 Oktober 2019 16:08

Dear Mahasiswa, Cegah Burnout Selama Kuliah Lewat 5 Cara Ini

Ilustrasi perempuan stres Foto: dok.Shutterstock
Kuliah itu melelahkan, kuliah itu menjengkelkan, kuliah itu membosankan.
ADVERTISEMENT
Mungkin keluhan di atas adalah contoh kecil dari yang biasa kamu rasakan sebagai mahasiswa. Kalau kamu sering mengeluh hal-hal seperti itu, hati-hati, gaes. Karena kamu bisa kena burnout.
Menurut Psychology Today, burnout adalah suatu kondisi yang berkaitan dengan stres dan kelelahan. Burnout dapat membuat kamu jadi ingin mengisolasi diri dari dunia luar, enggak punya motivasi hidup, bahkan berisiko mengalami depresi.
Sebenarnya ada cara yang bisa kamu lakukan supaya enggak burnout gara-gara urusan kuliah. Dilansir The Conversation, berikut lima caranya.
  1. Ingat tujuan awal kuliah
Cara pertama untuk menghindari burnout adalah ingat kembali alasan kamu mau kuliah. Cari motivasi dan skill yang ingin kamu kembangkan dari dirimu ketika belajar di kampus. Cari juga pengalaman apa yang ingin kamu dapat selama berkuliah.
ADVERTISEMENT
  1. Cari tahu mata kuliah yang akan kamu pelajari
Biasanya di awal pertemuan, dosen akan memberikan silabus materi selama satu semester ke depan. Nah, dari silabus itu, kamu bisa melakukan perencanaan materi apa aja yang bakal kamu pelajari. Membuat perencanaan bisa membantu kamu untuk menjalani aktivitas dengan lebih mudah.
  1. Cicil tugas dan belajar
Kadang, nyicil belajar atau bikin tugas itu emang mager banget. Belum lagi, banyak godaan yang datang. Tapi, jangan terlena sama godaannya, ya. Ingat, kamu mau selesai kuliah dengan cepat, kan? Makanya, fokus belajar, yuk!
  1. Liburan
Manfaatkan setiap waktu luang yang ada untuk refreshing. Otak butuh istirahat. Enggak perlu pergi liburan sampai ke luar negeri, kok. Cari tempat wisata di sekitar kampus aja. Jangan panik mari piknik, gaes.
ADVERTISEMENT
  1. Ingat 'hadiah' setelah lulus kuliah
Diingat terus aja, kalau setelah lulus kuliah nanti, ada masa depan cerah yang menantimu. Apalagi kalau kamu enggak main-main selama menjadi mahasiswa. Disiplin selama kuliah bisa jadi modal yang baik untuk mendapatkan pekerjaan, dan siapa tahu nih, dapat gaji yang lebih baik.
Reporter: Stefanny Tjayadi
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan