kumparan
18 Sep 2019 11:10 WIB

Generasi Muda di Kanada Ogah Punya Anak demi Lawan Perubahan Iklim

Ilustrasi Perubahan Iklim Foto: Pixabay
Emma-Jane Burian (17) adalah salah satu dari anak-anak muda di Kanada yang memutuskan untuk enggak memiliki anak. Janji ini ia ikrarkan demi melawan perubahan iklim yang kian meresahkan.
ADVERTISEMENT
Remaja asal Victoria, Kanada itu berpartisipasi dalam kampanye Climate Strike Canada bertajuk 'No Future, No Children'. Climate Strike Canada adalah sebuah gerakan nonpolitik yang memobilisasi ratusan pelajar dan aktivis untuk turun ke jalan, menuntut aksi melawan perubahan iklim.
Bendera Kanada Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Kampanye ini mengajak anak-anak muda untuk berjanji enggak punya anak, sampai pemerintah mengambil tindakan nyata untuk melawan perubahan iklim. Kampanye yang diluncurkan sejak Senin (16/9) waktu setempat tersebut, sampai kini telah diikuti oleh lebih dari 500 anak muda di Kanada.
"Ini adalah ekspresi dari ketakutan kami. Tapi juga sebuah permohonan untuk sebuah tindakan," kata Burian dilansir laman CBC.
Keputusan Burian untuk mengikuti kampanye ini dianggap gila oleh sebagian temannya. Meski di sisi lain, keluarganya mendukung pilihan dia untuk enggak memiliki anak.
ADVERTISEMENT
"Keputusan ini adalah pengorbananku supaya ada perubahan. Aku punya tanggung jawab untuk melakukannya, karena nyatanya orang dewasa enggak bertindak dewasa," tutur Burian.
"Aku enggak mau melihat anak-anakku nantinya menderita karena pemerintah enggak segera mengambil tindakan," tambahnya.
Bagi dia, umur yang masih muda enggak menghentikannya untuk membuat sebuah keputusan besar.
"Menurutku enggak ada kata terlalu muda untuk melihat kenyataan, dan membuat keputusan untuk diri sendiri," tegas Burian.
Lewat kampanye ini, ia dan teman-temannya menuntut pemerintah untuk mengurangi emisi, dan memperhatikan masalah perubahan iklim.
"Kita punya solusinya, kini saatnya untuk melakukannya," lanjut dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan