Buzz
·
16 April 2021 11:13

Gunakan Kursi Roda, Peserta UTBK 2021 Ini Tetap Semangat Ikut Ujian

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gunakan Kursi Roda, Peserta UTBK 2021 Ini Tetap Semangat Ikut Ujian (117595)
Chantika Diffa Raihan saat jalani UTBK 2021 dok Undip
UTBK 2021 gelombang pertama telah dimulai sejak Senin (12/4). Salah satu peserta yang mengikutinya adalah Chantika Diffa Raihan.
ADVERTISEMENT
Peserta yang berasal dari SMA Teuku Umar Semarang, Jawa Tengah itu tetap menjalani ujian, meski harus menggunakan kursi roda.
Pelajar yang memilih jurusan kuliah Kesehatan Masyarakat di Universitas Diponegoro (Undip) tersebut menggunakannya akibat kecelakaan kendaraan bermotor.
Walau begitu, Chantika semangat mengikuti UTBK di Laboratorium E-Learning Gedung ICT Kampus Undip Tembalang, demi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Rektor Undip Yos Johan Utama mengatakan bahwa dalam pelaksanaan UTBK, Undip ramah difabel. Pihaknya telah menyiapkan fasilitas yang diperlukan mulai dari lokasi, alat khusus dan pemrograman, serta sarana prasarana pendukung lainnya.
Panitia juga menyiapkan petugas khusus untuk membantu kebutuhan peserta difabel, dan yang menggunakan kursi roda karena kecelakaan.
“Jadi mereka dapat mengikuti UTBK dengan nyaman dan lancar,” ucapnya, dilansir laman Undip.
ADVERTISEMENT

Pelaksanaan UTBK 2021

Gunakan Kursi Roda, Peserta UTBK 2021 Ini Tetap Semangat Ikut Ujian (117596)
Suasana UTBK di UGM. Foto: Dok. Humas UGM
Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam mengatakan pelaksanaan UTBK 2021 sejauh ini berjalan lancar, dan lebih baik dari tahun sebelumnya.
"Pelaksanaan UTBK tahun ini cenderung minim masalah dan lebih tenang, karena kami menggali pengalaman dari tahun sebelumnya. Apa yang sudah baik direplikasi pada tahun ini," ucapnya, dilansir Antara.
Pelaksanaan UTBK gelombang pertama digelar pada 12-18 April 2021. Sementara gelombang ke-2 pada 26 April-2 Mei 2021.
Ujian diselenggarakan di 74 pusat UTBK dan 51 lokasi untuk tuna netra.