kumparan
5 Juni 2017 18:07

Hoaxbuster: Bukan Masjid di Rusia Tapi Istana Presiden Tajikistan

Hoax Video Peresmian Masjid Terbesar di Rusia
Hoax Video Peresmian Masjid Terbesar di Rusia (Foto: Cornelius Bintang/kumparan)
Video Presiden Rusia Vladimir Putin sedang meresmikan masjid terbesar di Rusia beredar viral. Disebutkan dalam video ini masjid tersebut seperti di surga karena banyak buah-buahan dan air yang mengalir di bawahnya.
ADVERTISEMENT
Dalam video itu juga disertakan lantunan surat Ar Rahman. Putin tak sendiri, dia ditemani oleh beberapa petinggi negara lainnya.
"Video Peresmian Masjid terbesar di RUSIA. Dekorasinya membayangkan surga... yang penuh dengan buah2an dan air yang mengalir di bawahnya ..ayat Al Qur'an yang dibaca adalah dari Q.S Ar Rahman. Orang yang sedang berjalan adalah Presiden Rusia Alexander Putin. Selamat menikmati. please share it to friends and others," tulis penjelasan dari video tersebut.
Video
Informasi soal video yang beredar itu ternyata hoax. Video tersebut bukan merupakan peresmian masjid tetapi pertemuan para kepala negara organisasi Collective Security Treaty Orgazation (CSTO) di istana Presiden Tajikistan. Tampak juga Presiden Rusia, Belarus, Armenia, Kazakshtan dan Tajikistan. Video itu dipublish tanggal 20 September 2015.
ADVERTISEMENT
"Itu video pertemuan para kepala negara organisasi Collective Security Treaty Orgazation (CSTO) di istana presiden Tajikistan. Bukan peresmian Masjid Agung (Cathedral Mosque) di Moskow," kata Dubes RI di Rusia Wahid Supriyadi kepada kumparan (kumparan.com) (6/5/2017).
Berikut video aslinya:
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan