Buzz
·
9 April 2021 16:01

IPB, UGM, sampai UNY Wajibkan Peserta UTBK 2021 Bawa Hasil Tes COVID-19

Konten ini diproduksi oleh kumparan
IPB, UGM, sampai UNY Wajibkan Peserta UTBK 2021 Bawa Hasil Tes COVID-19 (279508)
Petugas lab menyiapkan sampel sebelum pengujian virus corona (COVID-19). Foto: Cooper Neill/REUTERS
Penyelenggaraan UTBK gelombang pertama akan dimulai pada 12 April 2021 di 74 pusat ujian. Sementara gelombang ke-2 diadakan pada 26 April 2021.
ADVERTISEMENT
Karena diadakan di tengah pandemi, ada sejumlah pusat UTBK 2021 yang menyarankan dan mewajibkan peserta ujian untuk membawa hasil tes COVID-19. Simak daftarnya di bawah ini.

Institut Pertanian Bogor

IPB, UGM, sampai UNY Wajibkan Peserta UTBK 2021 Bawa Hasil Tes COVID-19 (279509)
Ilustrasi kampus Intitut Pertanian Bogor. Foto: Instagram / @ipbofficial
Para peserta UTBK diwajibkan untuk membawa hasil tes antigen yang dilakukan minimal tiga hari sebelum ujian. Selain itu terdapat beberapa protokol kesehatan yang harus diikuti saat masuk ke kampus IPB, di antaranya:
1. Wajib mengikuti cek suhu di depan gerbang pintu masuk IPB dan sebelum dilakukannya ujian.
2. Sebelum dilakukan cek suhu oleh petugas, para peserta wajib mencuci tangan di area yang disediakan oleh panitia penyelenggara atau membawa hand sanitizer sendiri, untuk mencegah adanya kerumunan di sekitar tempat cuci tangan yang disediakan.
ADVERTISEMENT
3. Peserta wajib memakai masker. Bagi peserta yang dalam keadaan enggak sehat diharapkan enggak hadir dalam ujian.
4. Jika pada saat ujian mengalami demam atau gejala pernapasan, maka jangan melanjutkan ujian dan segera memeriksakan diri ke ruang transit medis panitia untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Selengkapnya bisa kamu simak di laman utbk.ipb.ac.id.

Universitas Gadjah Mada

Para peserta UTBK yang mendapatkan tempat ujian di UGM juga harus membawa hasil negatif dari salah satu pemeriksaan antara swab antigen, Genose, atau PCR yang masa berlakunya adalah tiga hari.
Yang harus dipersiapkan oleh peserta UTBK-SBMPTN 2021 selain hasil tes swab adalah:
1. Kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN 2021 (cetak berwarna).
ADVERTISEMENT
2. Bagi peserta kelas XII membawa surat keterangan yang ditandatangani kepala sekolah berisi Nama, NISN,NPSN, dan foto berwarna terbaru. Untuk peserta lulusan 2019 dan 2020 harus membawa fotocopy ijazah SMA/SMK/MA yang telah dilegalisasi.
3. Kartu identitas.
4. Berpakaian rapi, sopan, dan nyaman.
5. Serta enggak lupa untuk menggunakan masker medis dan membawa masker cadangan.

UPN Veteran Yogyakarta

Peserta di pusat UTBK UPN Veteran Yogyakarta wajib menyertakan hasil Genose, rapid tes, atau PCR yang berlaku maksimal dua hari dari tanggal pelaksanaan ujian.
Selain itu, juga diwajibkan mengikuti tata tertib lainnya seperti berkemeja lengan panjang, memakai sepatu, serta masker.
ADVERTISEMENT

Universitas Negeri Yogyakarta

Para peserta UTBK 2021 di UNY harus membawa hasil pemeriksaan swab antigen atau PCR yang dilakukan maksimal tiga hari sebelum pelaksanaan ujian.
Selain itu, juga bisa membawa hasil pemeriksaan menggunakan Genose yang dilakukan maksimal dua hari sebelum UTBK berlangsung.
Terdapat pula beberapa protokol kesehatan yang harus diikuti oleh para peserta UTBK yang mendapatkan tempat ujian di UNY. Di antaranya:
1. Peserta yang tidak dapat menunjukkan hasil pemeriksaan COVID-19 dengan hasil negatif, tidak diizinkan masuk ke lingkungan UNY dan mengikuti UTBK.
2. Peserta diharapkan untuk menjaga kesehatan dan tetap tinggal di rumah sebelum pelaksanaan UTBK.
ADVERTISEMENT
3. Para peserta wajib mengikuti protokol kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, mengenakan masker standar seperti masker kain ataupun medis, mengenakan sarung tangan, dan disarankan untuk menggunakan face shield.

Universitas Negeri Jakarta

UNJ juga mewajibkan peserta UTBK 2021 untuk membawa hasil tes swab antigen yang menunjukkan peserta bebas dari COVID-19. Jika tidak membawa, maka tidak diperbolehkan untuk mengikuti ujian.
Selain itu para peserta juga wajib untuk membawa keperluan ujiannya sendiri dan tidak diperbolehkan meminjam kepada peserta lain saat ujian berlangsung.

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Dikutip dari laman resmi ISI Yogyakarta, para peserta diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes negatif atau non-reaktif dari swab antigen/Genose/swab PCR yang berlaku maksimal tiga hari sebelum pelaksanaan ujian.
ADVERTISEMENT

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

IPB, UGM, sampai UNY Wajibkan Peserta UTBK 2021 Bawa Hasil Tes COVID-19 (279510)
Instagram story Untirta dok IG @untirta_official
Walau tidak mewajibkan, Untirta tetap menyarankan peserta membawa hasil tes swab PCR/antigen/rapid/Genose. Selain itu jangan lupa membawa persyaratan yang telah tertera di kartu ujian.
Peserta yang merasakan indikasi permasalahan kesehatan dalam pelaksanaan ujian, juga harus mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

Universitas Lampung

Bagi peserta UTBK di Universitas Lampung dan berasal dari luar Provinsi Lampung, diwajibkan membawa bukti Surat Keterangan Sehat dan hasil uji rapid tes atau swab antigen, dengan hasil negatif yang sampelnya diambil maksimal dua hari sebelum ujian.
Tetapi bagi peserta dari luar Provinsi Lampung yang telah berada di Lampung minimal satu bulan terakhir, hanya perlu membawa Surat Keterangan dari RT/RW yang menyatakan peserta sudah berada di Lampung minimal satu bulan terakhir, atau bukti lain seperti tiket perjalanan.
ADVERTISEMENT
Jika peserta yang berasal dari luar Provinsi Lampung tidak dapat menunjukkan Surat Keterangan Sehat dan hasil tes COVID-19 sesuai ketentuan, maka dinyatakan gugur dan tidak diizinkan mengikuti ujian.
Laporan: Afifa Inak