Bisnis
·
21 September 2020 10:00

Jadi Brand Ikonik, Tehbotol Sosro Ajak Brand Lokal Gali Potensi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jadi Brand Ikonik, Tehbotol Sosro Ajak Brand Lokal Gali Potensi (20240)
Melalui gerakan #LocalsUnite, Tehbotol Sosro mengajak para pemilik brand serta kreator untuk berkolaborasi menciptakan produk-produk unik dan orisinal. Foto: instagram.com/tehbotolsosroid/
Pelaku UMKM menjadi pihak yang terpukul paling telak akibat pandemi COVID-19. Dengan serapan tenaga kerja yang begitu besar, apabila sektor UMKM terganggu, hal itu akan berdampak pada banyaknya masyarakat kehilangan pendapatan dan lapangan pekerjaan.
Terganggunya sektor UMKM sebaiknya diwaspadai karena akan menimbulkan dampak lebih buruk bagi perekonomian nasional. Sebab, sejauh ini UMKM mampu menyerap 97 persen tenaga kerja.
Karenanya, diperlukan dukungan dari banyak pihak agar UMKM kembali bangkit dan tetap survive selama pandemi. Salah satu caranya dengan mendorong masyarakat membeli produk lokal.
Berangkat dari latar belakang ini, PT Sinar Sosro melalui brandnya Tehbotol Sosro ingin mendukung brand-brand lokal Tanah Air (para pelaku UMKM) dalam mengembangkan bisnis dan usahanya di tengah pandemi COVID-19.
Melalui gerakan #LocalsUnite yang diluncurkan pada Agustus lalu, Tehbotol Sosro mengajak para pemilik brand serta kreator untuk berkolaborasi menciptakan produk-produk unik dan orisinal yang bisa dinikmati masyarakat.
Hingga saat ini, ada empat kolaborator #LocalsUnite, yaitu SAGE Footwear, Kokumi, Brodo x Mr. S dan Bake.ground. Bersama keempatnya, Tehbotol Sosro berhasil mewujudkan kolaborasi unik tanpa meninggalkan otentisitas masing-masing produk.
Pada SAGE Footwear misalnya. Tak hanya menjadi brand yang menyiapkan desain sepatu yang disukai milenial, SAGE juga membuat sepatu dari bahan-bahan yang ramah lingkungan. Dalam kolaborasi #LocalsUnite, brand lokal ini menggunakan ampas teh dari Tehbotol Sosro untuk pewarna. Hasilnya, sebanyak 75 pasang sepatu habis terjual dalam 5 menit saja. Saat ini, SAGE tengah meluncurkan hasil kolaborasi fase 2 sebanyak 1.000 pasang sepatu kolaborasi dengan Tehbotol Sosro yang launch di akhir Agustus kemarin.
"SAGE adalah brand yang mengedepankan sustainability dan nilai-nilai brand kami sejalan dengan semangat #LocalsUnite. Sepatu Limited Edition kolaborasi SAGE x Tehbotol Sosro ini merepresentasikan nilai-nilai yang dipercaya SAGE dan atribut otentik Tehbotol Sosro yang khas," kata pendiri SAGE, Hamzah Dwi Putra.
Selain SAGE, brand sepatu lokal Bro.do juga menyiapkan 75 pasang sneakers limited edition yang dilukis hand painted secara eksklusif untuk #LocalsUnite oleh Mr. S. Sepatu-sepatu edisi khusus tersebut memuat atribut khas Tehbotol Sosro.
Head of Marketing & Partnership Bro.do, Tony Prima, mengatakan bahwa pihaknya mengamati cara-cara Tehbotol Sosro memanfaatkan platform #LocalsUnite dalam memberikan dukungan kepada UKM, pembuat merek, dan kreator Indonesia. Bro.do dan Tehbotol Sosro memiliki semangat yang sama untuk merangkul komunitas-komunitas brand lokal Indonesia dan memberdayakan UMKM, dengan menyediakan kesempatan untuk maju bersama.
"Kami memetik semangat berbagi dan membangun merek yang disampaikan Tehbotol Sosro melalui #LocalsUnite. Saya sangat yakin dengan bergabung di #LocalsUnite teman-teman brand lokal lain bisa mendapatkan banyak manfaat untuk membawa brand dan usahanya ke peringkat berikutnya,” ungkap Tony Prima.
Berbeda dengan SAGE dan Bro.do, usaha kue rumahan Bake.ground yang didirikan oleh kakak beradik Felicia dan Valeska, menawarkan kue-kue yang menyajikan berbagai tekstur di dalamnya yang saling berpadu dalam sekali gigitan dari lembut hingga crunchy. Bake.ground juga gemar bereksperimen menggunakan produk-produk ikonik yang disukai masyarakat.
"Kolaborasi Bake.ground dengan Tehbotol Sosro adalah sebuah proses yang membantu kami menjadi brand yang lebih baik. Kolaborasi ini menunjukkan pentingnya perhatian pada hal-hal detail, sejak kue dalam perencanaan hingga sampai di tangan konsumen untuk dinikmati. Diskusi antara Bake.ground dan Tehbotol Sosro pun berlangsung di setiap tahap produksi. Dimulai sejak membahas pengembangan produk kue yang akan dibuat, uji coba kue hingga kue mendapatkan tekstur, rasa, dan warna yang pas, dekorasi dan penampilannya, packaging dan harga, serta komunikasi dan pemasaran termasuk rencana media sosial," ungkap Felicia.
Kolaborator #LocalsUnite yang lain adalah Kokumi, minuman boba yang didirikan pada tahun 2018 oleh Jacqueline Karina. Project Kokumi dengan gerakan #LocalsUnite adalah minuman edisi khusus bernama Sunrise Tehbotol Sosro dan Okinawa Tehbotol Sosro. Sejak dirilis, dua minuman ini mendapat respon positif dari para penggemar boba. Melalui #LocalsUnite, brand ini dapat belajar bagaimana menciptakan produk dengan bahan-bahan terbaik dan berkualitas.
"Sebagai brand yang digemari anak muda, Kokumi mendapatkan kesempatan berbagi wawasan bersama Tehbotol Sosro tentang minuman kekinian yang sangat disukai oleh kaum milenial. Bisnis ini banyak tantangannya, namun sebagai mentor Tehbotol Sosro selalu menekankan pentingnya Kokumi menghadapi tantangan dengan ketekunan, ketahanan, dan komitmen,” jelas CEO Kokumi, Jacqueline Karina.

Tehbotol Sosro luncurkan microsite #LocalsUnite untuk dukung UMKM

Jadi Brand Ikonik, Tehbotol Sosro Ajak Brand Lokal Gali Potensi (20241)
Melalui LocalsUnite Forum Tehbotol Sosro akan menggelar forum diskusi dan mengajak berbagai brand lokal untuk giat menggali potensi. Foto: dok. Tehbotol Sosro
Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro, Sabrina Kharisanti menjelaskan bahwa Tehbotol Sosro memperkenalkan microsite #LocalsUnite yang dapat diakses berbagai brand lokal dan para kreator untuk mendaftarkan ide kolaborasinya. Microsite tersebut juga akan menampilkan produk-produk hasil kolaborasi antara brand lokal dengan Tehbotol Sosro.
"Kami berharap galeri produk LocalsUnite dapat menjadi inspirasi bagi brand lokal lainnya untuk menggali ide dan kreatifitas. Last but not least, microsite ini kami harapkan akan menjadi sebuah hub bagi ekosistem brand lokal, tempat brand lokal bertukar pikiran dan saling membantu. Mari kita dukung negeri tercinta Indonesia dengan menghadirkan brand-brand lokal terbaik yang membanggakan.” tutup Sabrina.
Demi terus menyuarakan semangat berkolaborasi para kreator, inovator, dan wirausahawan muda untuk mengajukan ide-ide kolaborasi dengan Tehbotol Sosro untuk menciptakan karya yang kreatif di #LocalsUnite, Tehbotol Sosro juga menggelar LocalsUnite Forum, Jumat, 25 September 2020 live di Youtube Tehbotol Sosro.
Melalui LocalsUnite Forum Tehbotol Sosro akan menggelar forum diskusi dan mengajak berbagai brand lokal untuk giat menggali potensi serta menyiapkan diri menjadi brand ikonik kebanggaan Indonesia selanjutnya.
Jadi Brand Ikonik, Tehbotol Sosro Ajak Brand Lokal Gali Potensi (20242)
Tehbotol Sosro juga menggelar LocalsUnite Forum, Jumat, 25 September 2020 live di Youtube Tehbotol Sosro. Foto: dok. Tehbotol Sosro
Tak hanya mengajak brand lokal untuk berkolaborasi, melalui LocalsUnite Forum, Tehbotol Sosro mengundang beberapa pembicara untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada UMKM dan publik bagaimana bisa mengembangkan bisnis dan merek lokal.
Acara ini akan menghadirkan Managing Director SMESCO Indonesia, Co-Founder The Goods Dept, Founder Indoestri Makerspace, Leonard Theosabrata dan seniman yang memiliki karakter seni unik Muchlis Fachri. Dipandu oleh Sahil Mulachela, kedua narasumber ini siap berbagi pengalaman dan tips mereka dalam berkarya dan berkolaborasi menciptakan karya yang inovatif dan orisinil.
Jika kamu punya ide kreatif untuk mengembangkan brand lokal, kamu juga bisa mengunggah proposal dan pertanyaan ke www.localsunite.co.id.
Siap untuk jadi wirausahawan muda yang membantu kemajuan Indonesia? Catat tanggal LocalsUnite Forum dan jangan sampai ketinggalan, ya!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Tehbotol Sosro