kumparan
search-gray
Entertainment10 September 2018 17:49

Kerja Tak Sesuai Jurusan Kuliah, Lakukan 3 Tips Ini untuk Beradaptasi

Konten Redaksi kumparan
com-Ilustrasi Stres
com-Ilustrasi Stres (Foto: Thinkstock)
Sebagian dari kamu yang membaca tulisan ini mungkin sedang bekerja atau baru saja diterima bekerja di bidang pekerjaaan yang tidak sesuai jurusan kuliah. Perasaan bimbang kemudian muncul, apakah kita bisa survive atau malah menyerah di tengah jalan?
ADVERTISEMENT
Namun jangan jadikan hal tersebut sebagai batu sandungan. Sebab, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa beradaptasi dengan pekerjaanmu. Apa saja?
Gunakan Kecakapan yang Berhubungan
Sebenarnya, tidak ada yang benar-benar terbuang percuma dari ilmu yang kita pelajari di kampus. Vincent Nero, Direktur eCommerce, Marketing & UX Design di Successories yang sebelumnya kuliah di jurusan perfilman mengatakan, “Setiap jurusan yang luas pasti memiliki transferable skill.”
Temukanlah kecakapan umum yang dipelajari di perkuliahan dan memiliki kemiripan dengan kecakapan yang dibutuhkan perusahaanmu. Misalnya, kecakapan mengenai kepemimpinan, kreativitas, pengelolaan keuangan, dan manajemen tim. Kecakapan inilah yang bisa kamu gunakan untuk beradaptasi dengan pekerjaan barumu meski tak sesuai dengan jurusan kuliahmu.
Belajar Sesuatu yang Kamu Sukai tentang Pekerjaanmu
Ilustrasi Magang
Ilustrasi Magang (Foto: Unsplash/Annie Spratt)
Kamu berakhir pada situasi di mana jurusan kuliahmu lantas tidak menjadi penting sama sekali di pekerjaanmu. Pertanyaannya, apa yang harus kamu lakukan?
ADVERTISEMENT
“Pelajarilah sesuatu yang kamu antusias terhadapnya – sesuatu yang menarik bagimu, yang membuatmu terus terjaga, yang membuatmu cinta akan belajar,” kata Eric Elkins, CEO dari sebuah perusahaan konsultan media sosial yang dulunya berkuliah di bidang Biokimia dan Biologi Molekuler.
Barangkali pekerjaanmu yang sekarang merupakan sesuatu yang kamu damba-dambakan selama kamu kuliah. Jadi tidak ada kata terlambat untuk belajar di dalamnya. Mulailah dengan mempelajari sesuatu yang kamu suka.
Cari Mentor
Ada beberapa pekerjaan yang mungkin menuntutmu untuk langsung paham tentang segala hal dalam pekerjaan tersebut. Padahal kamu baru saja bekerja di bidang yang sama sekali asing buat kamu.
Janganlah malu untuk bertanya tentang segala hal mengenai pekerjaan. Jika sungkan kepada atasan, kamu bisa mencari mentor untuk menjadi tempat bertanya segala hal yang tidak kamu mengerti.
ADVERTISEMENT
Selamat mencoba!
Penulis: Agaton Kenshanahan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white