Untitled Image

Kisah Titan Tyra Berani Rilis Brand Kecantikan Secondate di Awal Pandemi

10 Oktober 2021 15:01
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kisah Titan Tyra Berani Rilis Brand Kecantikan Secondate di Awal Pandemi (23410)
searchPerbesar
Para Founder Secondate Beauty Gitta Amelia dan Titan Tyra dok Secondate Beauty
Titan Tyra percaya diri membangun Secondate di industri kecantikan Indonesia yang mulai menerima brand lokal. Kemunculan COVID-19 juga tak menyulutkan niatnya untuk meluncurkan produknya di awal pandemi.
ADVERTISEMENT
Perjalanan mendirikan sebuah brand kecantikan tidak mudah. Perempuan yang kini berusia 26 tahun itu harus melobi sejumlah manufaktur produk kecantikan di Indonesia untuk bisa membangun usahanya.
"Saya Google (cari) OEM (Original Equipment Manufacturer) di Indonesia dan telepon satu-satu, sampai pada akhirnya ada yang cukup percaya visi dan misi saya dalam membangun sebuah beauty company,” cerita Titan kepada kumparan.
Titan merasa membutuhkan rekan yang memiliki keahlian untuk menunjang bisnisnya, khususnya keuangan dan backend. Ini yang kemudian membuka jalan baginya bertemu teman masa kecilnya, Gitta Amelia.
Sebuah kombinasi yang menarik mengingat Titan seorang beauty influencer yang cukup berpengaruh dengan kontennya tentang makeup, skin care, fashion, dan lainnya, sementara Gitta aktif sebagai investor dan entrepreneur yang memiliki pengalaman dalam analis bisnis.
ADVERTISEMENT
Titan dan Gitta memilih mengembangkan lip tint atau pewarna bibir sebagai produk pertamanya. Sebab, kala itu belum ada lip tint di pasar Indonesia.
“Di saat itu, belum ada lip tint di market lokal, jadi kami memutuskan untuk menciptakan sebuah lip tint tahan lama yang tidak membuat kulit bibir kering. Ada sebuah kebanggaan untuk WNI pakai produk buatan negara sendiri,” tambahnya.
Kisah Titan Tyra Berani Rilis Brand Kecantikan Secondate di Awal Pandemi (23411)
searchPerbesar
Secondate Beauty dok Secondate Beauty
Nama Secondate (atau 2ND8 untuk singkatannya) dipilih Titan sebagai nama perusahaan untuk menggambarkan konotasi positif dari kencan kedua (second date). Biasanya, seseorang akan lebih nyaman dengan dirinya sendiri dan bersikap apa adanya saat menjalani kencan kedua dibanding ketika kencan pertama.
"Dengan menggunakan produk Secondate, kami berharap pengguna merasa nyaman dan menjadi dirinya sendiri," kata Titan.
ADVERTISEMENT
Secondate akhirnya meluncurkan website-nya dan mulai membuka keran pemesanan produk perdananya, Milky Gel Lip Tint, pada 20 Februari 2020. Siapa sangka, ribuan unit Milky Gel Lip Tint rupanya langsung ludes terjual dalam hitungan 7 menit pertama.
Pencapaian ini kemudian berlanjut dengan menggelar acara perkenalan publik Secondate pada 12 Maret 2020. Pandemi COVID-19 yang mulai mewabah di saat bersamaan tak menyurutkan niatnya untuk terus berbisnis Secondate.
“Dan sejak launch, kami tetap tidak putus asa dan terus menjalankan bisnis 100 persen online hingga sekarang kami sudah bisa kirim ke seluruh dunia.”

Harapan Secondate: Berdampak dan Berbagi Cerita Sumber Kecantikan

Kisah Titan Tyra Berani Rilis Brand Kecantikan Secondate di Awal Pandemi (23412)
searchPerbesar
Secondate Beauty dok Secondate Beauty
Sejak awal berdiri, Secondate selalu berusaha agar dapat menjadi wadah untuk orang-orang berbagi cerita hidup mereka. Titan dan Gitta percaya bahwa kisah hidup pengguna adalah sumber kecantikannya.
ADVERTISEMENT
Setiap minggu lewat Instagram story, Secondate mengadakan sesi curcol (curhat colongan) dan membahas isu-isu kesehatan mental juga. Mereka juga sering membagikan kisah dari para SecondateParty, sebutan untuk para follower dan penggunanya, yang telah melewati fase perjuangan dalam hidupnya.
“Berkat hal-hal tersebut, ada beberapa follower kami bercerita bahwa ia mulai berani speak up membagikan kisahnya kepada kami karena mereka semakin merasa bahwa mereka tidak sendirian menghadapi masalah yang serupa,” ujar Titan.
Selain lewat media sosial, Secondate juga mengutamakan strategi pemasaran yang bermakna bagi orang sekitar. Ketika meluncurkan Antibacterial Hand Sanitizer Cream, misalnya, Titan dan Gitta memulainya dengan mengirimkan produk tersebut ke tenaga kesahatan dan juga menggalang dana dalam kampanye #ShareToConnect untuk pembelian APD dan kebutuhan lainnya.
ADVERTISEMENT
Ke depannya, Titan dan Gitta berharap Secondate tak hanya menjajaki market offline dan platform di luar negeri, namun turut mengharumkan nama Indonesia — khususnya dalam industri kecantikan.
“Kami juga berharap dapat menjadi platform untuk masyarakat di mana mereka bisa sharing cerita mereka, mau itu cerita buruk atau bahagia. Karena semua cerita unik dan bisa mengubah hidup orang yang membacanya,” tutup Titan.
Kisah Titan Tyra Berani Rilis Brand Kecantikan Secondate di Awal Pandemi (23413)
searchPerbesar
Secondate Beauty Finalis UMKM Kecantikan Terbaik Local Brand Editor's Choice 2021 dok kumparan
Penulis: Farren Sahertian