Untitled Image
17 September 2021 12:03
·
waktu baca 4 menit

Kolaborasi, Kunci Promosi Brand Asli Indonesia di Era Transformasi Digital

Digitalisasi membuat kebiasaan manusia ikut mengalami perubahan. Ya, di setiap aktivitas yang kita lakukan, pasti tidak bisa lepas dari campur tangan teknologi digital.
ADVERTISEMENT
Contohnya, bila dulu komunikasi hanya mengandalkan telepon atau surat, kini kita bisa terhubung dengan teman atau saudara yang jauh lewat media sosial atau layanan video call. Atau kebiasaan belanja yang dulu harus pergi langsung ke toko, kini bisa dilakukan lewat smartphone.
Bukan hanya memudahkan aktivitas sehari-hari, perkembangan teknologi yang pesat juga turut memengaruhi cara komunikasi di sektor bisnis, termasuk brand-brand lokal. Promosi yang dulu dilakukan dari mulut ke mulut atau iklan di koran atau radio, sekarang pemilik usaha bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas.
Perubahan tren ini bisa dibilang membawa dampak positif karena brand lokal bisa mengimbangi pasar di Indonesia yang dulu didominasi produk luar negeri. Di sisi lain, pemilik bisnis juga harus aktif mengeluarkan berbagai inovasi, baik dari segi produk maupun promosi, agar bisa tetap bertahan.
ADVERTISEMENT
Kompetisi kini bukan menjadi satu-satunya jalan untuk menjadi menonjol dan dikenal calon konsumen. Sebaliknya, kolaborasi antar-brand mulai dilirik demi memaksimalkan promosi melalui produk-produk unik dan eksklusif. Inilah yang memicu lahirnya Lokaloborasi, yaitu sebuah program kolaborasi antar brand asli indonesia untuk menumbuhkan rasa keberanian dan bangga akan produk lokal.
Misalnya saja kolaborasi brand fashion dan aksesoris, Voyej x Bluesville. Di acara Lokaloborasi, dua brand asli indonesia ini mengeluarkan produk eksklusif berupa dompet, key wallet dan keychain berbahan kulit.
Kolaborasi, Kunci Promosi Brand Asli Indonesia di Era Transformasi Digital (19720)
searchPerbesar
Kolaborasi dua brand lokal, Voyej x Bluesville. Foto: Lokaloborasi
Ada juga kolaborasi antara dua brand yang sangat berbeda, yakni brand fashion Kamengski dan produsen motor listrik asal indonesia Katalis.co. Lewat produk yang diberi nama Spacebar, Kamengski dan Katalis.co menunjukkan keunikan masing-masing dalam sebuah skuter mungil dengan desain unik, lengkap dengan aksesoris untuk menunjang gaya saat ‘mengaspal’.
ADVERTISEMENT
Nama Spacebar juga punya arti yang cukup dalam. Mengangkat nama Spacebar, motor listrik ini diharapkan dapat membuka ruang-ruang yang sebelumnya belum bisa dijangkau orang yang mengendarainya.
Diibaratkan saat menggunakan komputer atau laptop, spacebar atau tombol spasi berfungsi untuk membuka ruang antar teks. Ini jugalah yang menjadi inspirasi mengapa skuter kolaborasi ini berbentuk persegi panjang seperti tombol spacebar.
Kolaborasi, Kunci Promosi Brand Asli Indonesia di Era Transformasi Digital (19721)
searchPerbesar
Kamengski dan Katalis.co merilis Spacebar. Foto: Lokaloborasi
Tren kolaborasi antar brand lokal ini tentu jadi fenomena yang menarik. Lantas, sebenarnya apa sih, tujuan yang hendak dicapai melalui terobosan ini?

1. Ajang promosi

Salah satu tujuan utama kolaborasi tentunya meningkatkan exposure dan brand awareness produk agar lebih dikenal masyarakat. Apalagi bila produk kolaborasi yang dipasarkan berhasil dan meledak di pasaran, strategi ini tentu akan membantu brand mendapatkan konsumen baru.
ADVERTISEMENT
Selain modal, mendapatkan kepercayaan pasar juga menjadi satu masalah yang sering dialami oleh pelaku UKM. Lewat kolaborasi, segmentasi pasar bisa lebih meluas dan nantinya dapat membantu memperbesar bisnis. Bukan tanpa alasan, saat pasar meningkat, maka permintaan juga akan ikut meningkat

2. Inovasi produk

Kolaborasi, Kunci Promosi Brand Asli Indonesia di Era Transformasi Digital (19722)
searchPerbesar
Kolaborasi Jimmy Martin dan Humblezing di Lokaloborasi. Foto: Lokaloborasi
Saat sebuah usaha sudah mulai mencapai titik stabil, keinginan untuk tetap berada di zona nyaman juga menjadi kendala yang membuat brand sulit berkembang. Kolaborasi memungkinkan pelaku bisnis untuk lebih terbuka dengan perspektif dan ide-ide baru demi menciptakan produk eksklusif yang menonjolkan keunikan masing-masing brand.
Dengan ‘kepala’ yang lebih banyak untuk mencapai satu tujuan yang sama, bukan tidak mungkin muncul inspirasi-inspirasi baru yang nantinya bisa digunakan untuk inovasi selanjutnya di masa depan. Komunikasi dan diskusi dengan pihak luar juga akan menambah perspektif baru yang sebelumnya mungkin tidak pernah terpikirkan.
ADVERTISEMENT

3. Komitmen saling dukung antar brand lokal

Tidak hanya tujuan bisnis, kolaborasi juga menjadi salah satu bentuk saling memberi dukungan kepada sesama brand lokal, bahkan juga cara untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia.
Seperti yang bisa kita lihat melalui kolaborasi yang baru-baru ini dilakukan antara Lokaloborasi dan Local Pride Indonesia, sebuah media yang bertujuan mengajak anak muda untuk mendukung brand lokal dan mencintai produk asli Indonesia.
Bertujuan memperkenalkan makanan dan gaya hidup yang ‘Indonesia banget’, mereka meluncurkan produk fashion dengan gambar makanan khas dan tempat-tempat yang hanya bisa ditemui di Indonesia.
Kolaborasi, Kunci Promosi Brand Asli Indonesia di Era Transformasi Digital (19723)
searchPerbesar
Kolaborasi antara Lokaloborasi dan Local Pride Indonesia. Foto: Lokaloborasi
Nah, melalui kolaborasi ini, Lokaloborasi juga berupaya untuk menjadi wadah bagi brand lokal agar bisa lebih leluasa melebarkan sayapnya, sekaligus menghadirkan spirit kebersamaan antar-brand lokal untuk menghasilkan produk yang unik dan autentik asli dari Indonesia.
ADVERTISEMENT
Aksi para musisi lintas genre dari Indonesia juga akan saling berkolaborasi untuk memeriahkan semangat Lokaloborasi. Ada Fadly, fourtwnty, Feel Koplo hingga Oscar Lolang yang bisa kamu saksikan di tanggal 4 september-27 september di lokaloborasi.kumparan.com atau klik di sini.
Kolaborasi, Kunci Promosi Brand Asli Indonesia di Era Transformasi Digital (19724)
searchPerbesar
Aksi kolaborasi lintas generasi di Lokaloborasi, 27 Agustus-27 September 2021
Program ini juga menjadi harapan untuk menghadirkan semangat kebersamaan antar brand lokal demi menciptakan karya-karya yang asli, sekaligus inspirasi bagi generasi bangsa, terutama generasi muda, agar bisa aktif berkontribusi memajukan industri lokal bangga menggunakan produk asli Indonesia.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Lokaloborasi