Entertainment
·
26 Oktober 2020 18:22

Mau Usahamu Nggak Kalah Bersaing? Ini Tips dari Co-Founder Ismaya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mau Usahamu Nggak Kalah Bersaing? Ini Tips dari Co-Founder Ismaya (82264)
Co-Founder Ismaya, Christian Rijanto, dalam webinar di Festival UMKM kumparan. Foto: kumparan
Para milenial tentu sudah tidak asing saat mendengar nama Ismaya Group. Sebab, sudah banyak event yang berhasil ditelurkan oleh Ismaya, salah satunya adalah We The Fest.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Ismaya tidak langsung sukses begitu muncul. Mereka juga sempat merasakan kegagalan. Tapi, Ismaya pantang menyerah. Hingga akhirnya bisa meraih kesuksesan dan tidak kalah bersaing dalam usaha.
Co-Founder Ismaya, Christian Rijanto, berbagi tips supaya tidak kalah bersaing dalam usaha. Pertama adalah sikap loyal.
"Kita loyal kepada customer. Memberikan service dan produk yang bagus. Dengan harapan mereka juga akan loyal ke kita," kata Christian dalam webinar di Festival UMKM kumparan hari pertama, Senin (26/10).
Mau Usahamu Nggak Kalah Bersaing? Ini Tips dari Co-Founder Ismaya (82265)
Co-Founder Ismaya, Christian Rijanto (kanan), dalam webinar di Festival UMKM kumparan. Foto: kumparan
Ismaya Enggak Takut Buat Inovasi Baru
Christian mengatakan pada saat mengalami kegagalan, Ismaya Group selalu berusaha untuk mencari tahu penyebabnya. Mereka biasanya bertanya kepada orang-orang yang hadir ke event yang mereka buat.
"Kita tahu masalahnya. Kita mencoba inovasi. Kita enggak mau follow trend tapi mencoba membuat inovasi baru," ucap Christian.
ADVERTISEMENT
Menurut Christian, membuat suatu inovasi baru merupakan sesuatu yang penting pada saat membangun sebuah usaha.
"Jangan meng-copy dari banyak orang, tapi yang identik dengan produk kamu sendiri dan a good value. Harus selalu berinovasi," tutur Christian.
Hal itu juga bisa dicontoh oleh para milenial yang ingin membuat suatu usaha.
Mau Usahamu Nggak Kalah Bersaing? Ini Tips dari Co-Founder Ismaya (82266)
Co-Founder Ismaya, Christian Rijanto, dalam webinar di Festival UMKM kumparan. Foto: kumparan
Buat Konsep Unik dan Menarik
Christian mengatakan Ismaya Group didirikan sekitar 17 tahun lalu dengan tantangan untuk menciptakan konsep yang unik dan menarik.
"Waktu kita mulai, kita merasa di Indonesia orang selalu bilang, 'Boring ya di Jakarta, Bali enggak ada apa-apa, enggak ada fun experience, festival atau food and beverages yang menarik," tutur Christian.
"Oleh karena itu kami memiliki tantangan untuk menciptakan konsep unik dan menarik. Kita merasa bahwa Indonesia punya brand sama bagusnya dengan negara lain. Ismaya memberikan a good value buat customer kami," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Dengan konsep yang unik dan menarik, banyak milenial yang merasa tertarik dengan segala sesuatu yang dibuat oleh Ismaya Group.
"Konsep kita, orang bisa share experience ke orang lain. Mereka merasa senang dengan a good value dan sesuatu yang baru," tutup Christian.