kumparan
6 Juli 2018 11:20

Mengintip Hasil Penjualan Tiket Konser Beberapa Musisi Dunia

Iron Maiden (Foto: http://ironmaiden.com/)
Bagi sebagian musisi, mampu menjalani tur keliling dunia merupakan salah satu mimpi yang paling utama dalam menjalani karier bermusik. Kebangaan membawakan karya ciptaan untuk audiens di berbagai daratan yang berbeda, mungkin dapat menambah keabsahan seorang musisi untuk mendapatkan predikat 'rockstar'.
ADVERTISEMENT
Selain dapat memengaruhi tingkat popularitas, agenda tur juga nampaknya menjadi salah satu sumber pendapatan yang cukup signifikan dalam siklus industri musik. Hal itu sesuai dengan data yang dihimpun Billboard tentang pendapatan konser berbagai musisi dunia dari hasil penjualan tiketnya.
Dari 100 daftar konser yang dirangkum, data tersebut menunjukkan bahwa konser musisi asal Inggris, Ed Sheeran, di Hampden Park, Skotlandia, menjadi konser dengan jumlah penjualan kotor tertinggi, yakni 13,7 juta dolar AS, atau setara dengan Rp 197,1 milyar. Perhitungan tersebut didapatkan dari harga tiket yang berkisar antara 60-99 dolar AS, dikalikan dengan jumlah penampilan dan penonton yang hadir.
Di urutan kedua terdapat band U2 yang sukses mendulang 8,7 juta dolar AS (Rp 125,4 milyar), dalam tiga konser yang mereka gelar pada akhir Juni dan awal Juli lalu di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Band pelantun lagu 'Run to the Hills', Iron Maiden, pun tak luput dari daftar tersebut. Dari beberapa konser yang pernah mereka gelar bersama Killswitch Engage, penjualan tiket terbesar mereka terjadi dalam sebuah konser di kota Stockholm, Swedia, yang berlangsung pada 1 Juni 2018.
Dalam konser yang diadakan di Tele2 Arena itu, Bruce Dickinson cs. berhasil mendulang penjualan tiket dengan total 2,9 juta dolar AS (Rp 42,1 milyar). Angka yang mereka peroleh membuat Iron Maiden menduduki urutan 16 dalam daftar tersebut.
Tak ketinggalan, unit rock asal Amerika Serikat, The Killers, mampu menyusul di urutan 19, dengan total penjualan tiket pada konsernya di Australia bulan Mei lalu. Dari tiga penampilan yang digelar di Hisense Arena, Melbourne, mereka bisa menghasilkan 2,4 juta dolar AS (Rp 35,4 milyar).
ADVERTISEMENT
Tergoda untuk bisa jadi menggelar konser seperti beberapa musisi di atas?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan