kumparan
6 Desember 2018 14:07

Milenial, Lebih Baik Ketinggalan Dompet atau Smartphone?

com-Ilustrasi Ketinggalan Dompet vs Smartphone
com-Ilustrasi Ketinggalan Dompet vs Smartphone (Foto: Shutterstock)
Kemanapun kamu pergi, dompet dan smartphone adalah dua benda penting yang bisa membuatmu panik jika salah satunya tertinggal. Apalagi smartphone, ponsel pintar ini tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat komunikasi atau hiburan. Tetapi, smartphone telah memiliki segudang fungsi, termasuk sebagai alat pembayaran digital. Sedangkan dompet juga punya peran krusial sebagai tempat penyimpanan berbagai barang berharga seperti uang, kartu pengenal, dan kartu debit atau kredit.
ADVERTISEMENT
Tapi bagaimana jika salah satunya tertinggal? Mana yang bisa lebih merugikan dan membuat harimu jadi tidak nyaman? Yuk, kita bandingkan!
Ketinggalan Smartphone
com-Ilustrasi Ketinggalan Dompet vs Smartphone
com-Ilustrasi Ketinggalan Dompet vs Smartphone (Foto: Shutterstock)
Jika smartphone tertinggal, sudah pasti kamu tidak bisa menghubungi banyak orang. Orang lain pun menjadi sulit untuk menghubungimu. Bayangkan jika atasan atau rekan kerja membutuhkanmu, sedangkan kamu tidak bisa dihubungi. Saat tiba di kantor, kamu akan banyak tertinggal info pekerjaan yang semestinya sudah kamu terima saat perjalanan ke kantor.
Selain itu, kamu juga akan kesulitan mengakses transportasi online untuk bepergian. Dan pastinya, kamu pun tidak bisa mendengarkan musik favorit di tengah perjalanan. Makanya, tidak jarang orang-orang rela kembali ke rumah untuk mengambil smartphone-nya yang tertinggal. Sebab, efeknya cukup besar dalam aktivitas sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Ketinggalan Dompet
com-Ilustrasi Ketinggalan Dompet vs Smartphone
com-Ilustrasi Ketinggalan Dompet vs Smartphone (Foto: Shutterstock)
Jika dompet yang tertinggal, risikonya kamu tidak bisa menggunakan uang tunai yang ada di dompet. Selain itu kamu jadi tidak bisa menggunakan kartu debit atau kredit. Lalu bagaimana caranya makan siang jika kamu tidak bawa bekal dan harus membeli di rumah makan dekat kantor atau kampus? Haruskah kamu berhutang pada temanmu?
Jika kamu tidak membawa dompet tetapi membawa smartphone, masalah ini bisa diselesaikan. Kamu tinggal melakukan berbagai transaksi menggunakan aplikasi BCA Mobile atau Sakuku di smartphone. Termasuk menarik uang tunai di ATM tanpa menggunakan kartu yang tertinggal di dompetmu!
Caranya, buka fitur Tarik Tunai di salah satu aplikasi tersebut, lalu pilih nominal yang ingin kamu ambil, dan kamu akan menerima 6 digit kode transaksi. Setelah itu, kamu tinggal datang ke ATM BCA kemudian pilih Transaksi Tanpa Kartu dan masukkan nomor rekening atau nomor Sakuku dan kode transaksi yang kamu terima di aplikasi Sakuku atau BCA Mobile. Setelah itu, tarik tunai pun berhasil! Untuk mengetahui cara lengkapnya, kamu bisa cek di sini.
ADVERTISEMENT
Jika kamu butuh mengirim uang ke temanmu, kamu juga bisa menggunakan fitur QRku pada aplikasi BCA Mobile dan Sakuku. Buka fiturnya dan scan kode QR Sakuku atau BCA Mobile di smartphone temanmu untuk mentransfer ke rekeningnya. Cek QRku selengkapnya di sini.
Jadi ketinggalan dompet sebetulnya bukan masalah lagi. Dengan BCA Mobile dan Sakuku, seluruh proses transaksi keuangan masih bisa kamu lakukan hanya menggunakan smartphone. Mudah, bukan?
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan BCA.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan