kumparan
5 Agu 2017 17:22 WIB

Misteri Rambut Perempuan India yang Dipotong Saat Tidur

Ilustrasi perempuan India. (Foto: trust.org)
Sebuah kejadian misterius menghebohkan warga Uttar Pradesh, wilayah India bagian utara. Saat bangun tidur, para perempuan di sana kaget karena menemukan potongan rambut mereka tergeletak rapi di sebelah bantal. Mereka menduga ada seseorang yang dengan sengaja menggunting rambut mereka saat tidur.
ADVERTISEMENT
Desas-desus yang beredar mengatakan, kejadian tersebut merupakan ulah seorang penyihir. Waduh.
Beberapa hari sebelum misteri pemotongan rambut ini merebak, ada seorang perempuan berusia 65 tahun tewas karena dipukuli massa. Warga setempat lantas jadi percaya bahwa hantu nenek itulah yang iseng memotong rambut para perempuan di Uttar Pradesh.
Video
Keluhan serupa ternyata juga dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di kota Haryana dan pinggiran Delhi. Warga takut rambut yang terpotong itu dijadikan media untuk menyebarkan mantra jahat. Saking takutnya, anak-anak di sana bahkan dilarang untuk keluar rumah usai pulang sekolah.
Entah motif apa yang diincar si pelaku, karena menurut keterangan korban yang dipotong rambutnya, tak ada satu pun barang di rumahnya yang hilang karena dicuri oleh si pelaku. Jadi, sudah jelas ia bukan perampok.
Perempuan yang rambutnya dipotong. (Foto: Youtube Times of India)
Kepolisian kini tengah mendalami kasus tersebut. Mereka meminta agar masyarakat tak terpancing beragam rumor yang belum terbukti kebenarannya.
ADVERTISEMENT
"Keluhan misteri rambut ini mulai terjadi pekan lalu. Beberapa hari terakhir, keluhan bahkan datang dari sekitar Delhi dan Uttar Pradesh bagian barat. Sekarang hampir setiap hari ada perempuan yang melapor tentang kejadian seperti ini," kata Manish Rakesh, seorang petugas polisi, kepada Assosiated Press, Jumat (4/8).
"Para perempuan itu datang ke kantor polisi dengan membawa kepangan rambut mereka yang terpotong," imbuhnya.
Perempuan yang rambutnya dipotong. (Foto: Youtube Times of India)
Sejumlah psikiater di India bahkan telah memberikan komentarnya terkait kasus pemotongan rambut misterius ini. Menurutnya, cerita tersebut mungkin disebabkan oleh histeria massal atau halusinasi.
"Hantu tidak memotong kepang rambut wanita. Ini adalah kenakalan atau keisengan seseorang, tidak mungkin yang lain," kata Rakesh Gaur, seorang psikiater di Jawaharlal Nehru Medical College, Agra.
ADVERTISEMENT
Rambut. (Foto: Sonya Benham via Flickr)
Jika bukan hantu, lantas siapa pelaku iseng yang memotong rambut para perempuan itu?
Itu masih misteri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan