kumparan
search-gray
Entertainment3 Juli 2018 15:54

Mudahnya Mengakses Pengumuman SBMPTN 2018 di kumparan

Konten Redaksi kumparan
pengumuman di web sbmptn dan kumparan.
pengumuman di web sbmptn dan kumparan. (Foto: kumparan, Dok. SBMPTN)
Dari 860.001 peserta yang mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018, hanya akan ada 128.085 peserta yang lolos seleksi. Nantinya, teman-teman yang berhasil lolos SBMPTN 2018 akan menempati 85 PTN di seluruh Indonesia.
ADVERTISEMENT
Selain link mirror dari PTN terkait, kamu juga bisa mengakses hasil pengumuman di website resmi SBMPTN dan kumparan. Namun, terdapat beberapa perbedaan mendasar saat kamu hendak membuka hasil pengumuman SBMPTN 2018 di website resmi SBMPTN dan kumparan. Perbedaan paling mendasar adalah soal kemudahannya.
Jika kamu membuka situs resmi SBMPTN, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal, yakni kamu harus mengisi kolom nomor peserta dan tanggal lahir.
“Cek di website resmi SBMPTN ada banyak yang harus diisi untuk akses log in,” ujar Nayla Erzani, alumni SMAN 34 Jakarta.
Lantas, bagaimana dengan mengakses pengumuman di kumparan? Yang harus kamu lakukan hanyalah mengunjungi tautan ini dan memasukkan nomor peserta atau nama lengkap kamu di kolom pencarian. Jika nama kamu muncul, dipastikan kamu lolos SBMPTN 2018.
ADVERTISEMENT
“Di kumparan gampang, cuma isi nomor peserta atau nama lengkap, hasilnya udah keluar. Enggak lambat, hasilnya cepat,” timpal Rusti, alumni SMAN 2 Temanggung.
Untuk tahun ini, SBMPTN diikuti oleh 860.001 pendaftar dengan 341.290 orang mendaftar ujian Saintek, 359.140 pendaftar untuk kelompok Soshum, dan 159.971 pendaftar untuk kelompok campuran. Nantinya, hanya ada 128.085 peserta yang akan dinyatakan lulus SBMPTN 2018.
Berbeda dari tahun sebelumnya, SBMPTN 2018 menggunakan sistem penilaian baru, yakni dengan tidak lagi menerapkan poin minus untuk jawaban yang salah, melainkan dengan pendekatan teori respons butir. Melalui teori ini, panitia akan memberikan poin untuk setiap jawaban benar, sedangkan untuk jawaban yang salah dan tidak terjawab akan mendapat poin nol.
Peserta yang dinyatakan lolos SBMPTN 2018 wajib melakukan proses verifikasi dokumen dan pendaftaran ulang di PTN masing-masing. Untuk lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website resmi dari kampus yang bersangkutan.
ADVERTISEMENT
Sudah lihat pengumumannya? Kalau belum cek langsung di sini, ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white