kumparan
16 Oktober 2018 13:53

Pacaran dengan Teman Sekantor Bikin Lebih Produktif?

Menjalin hubungan asmara dengan kolega kerja
Menjalin hubungan asmara dengan kolega kerja (Foto: Thinkstock)
Lupakan aplikasi kencan online apalagi minta dijodohkan oleh orangtua. Sebab, salah satu tempat yang paling potensial untuk mencari pacar ialah kantor. Romansa yang tumbuh di kantor menjadi hal wajar, mengingat waktu yang dihabiskan lebih lama ketimbang di rumah atau tempat lainnya.
ADVERTISEMENT
Namun untuk sebagian orang, pacaran dengan teman sekantor dianggap aneh, bila tidak absurd. Apalagi membicarakan soal produktivitas yang bisa terpengaruh ketika sudah menjalani hubungan dengan teman sekantor. Lebih baik lanjut swipe di Tinder saja, deh.
Bagi Tiara sendiri, yang telah pacaran dengan teman kantornya selama 10 bulan, menjalani hubungan dengan partner kerja memang bisa mengurangi produktivitas. Tapi hal ini bisa disiasati dengan komunikasi yang baik.
"Pernah, sih, mengalami kurang produktif, karena merasa harus balas chat dia. Tapi enggak sampai terganggu, kok. Toh dia juga kerja, yang penting saling memberi kabar," kata Tiara kepada kumparan, Selasa (16/10).
Lain lagi dengan Bardjan, karyawan swasta yang bahkan sudah menikah dengan teman sekantornya. Bagi dia, produktivitas kerja meningkat saat masa-masa pendekatan, alias PDKT.
ADVERTISEMENT
"Karena dia jadi penyemangat banget untuk kerja. Tapi ketika sudah jalan di atas 3 bulan, wow, berpengaruh banget, sih. (Jadi) enggak fokus kerja. Kepikirannya dia melulu, penginnya berduaan terus," ujar Bardjan.
Sebenarnya pada 2016 lalu, dua peneliti bernama Lars Goran Wallgren Tengberg dan Inga Tidefors dari Universitas Gothenburg di Swedia, telah melakukan studi soal romansa di kantor dan pengaruhnya kepada produktivitas kerja. Studi bertajuk 'Workplace Romances: Going to Work is Amazing and Really Fun' yang dimuat di International Journal of Psychological Studies itu, melaporkan adanya dampak positif dari mengencani teman sekantor.
"Banyak partisipan yang mengaku lebih terpacu dan termotivasi untuk bekerja ketika menjalin hubungan dengan teman sekantor," jelas peneliti.
Enggak berhenti di situ. Pacaran dengan teman sekantor juga ternyata dapat memberikan gambaran yang lebih jelas soal kepribadian pasangan, karena bisa berinteraksi hampir setiap hari.
ADVERTISEMENT
"Lingkungan kerja membuatmu bisa lebih kenal dengan calon pasangan, sebelum berkomitmen untuk menjalani hubungan. Hal ini enggak bisa didapat dari kopi darat dengan teman di aplikasi kencan online, atau yang baru bertemu di bar," imbuhnya.
So, apakah kamu tertarik untuk pacaran dengan teman sekantor?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan