kumparan
13 Jul 2017 15:41 WIB

Pecahkan Rekor, Anjing Dalmatian ini Lahirkan Anak hingga 18 Ekor

Anjing Dalmatian melahirkan 18 anak anjing. (Foto: Associated Press)
Apa kamu pernah menonton film 101 Dalmatian, film Disney yang menceritakan tentang pasangan anjing jenis dalmatian bernama Pongo dan Perdita yang memiliki anak anjing sebanyak 15 ekor.
ADVERTISEMENT
Nah, baru-baru ini di kota Victoria, Australia, pasangan anjing dalmatian bernama Miley dan Astro berhasil melahirkan anak anjing sebanyak 18 ekor.
Cecilia, dari peternakan Langton Bunker mengatakan, merupakan 'sebuah keberuntungan' bagi para anak anjing itu bisa bertahan hidup yang pada awalnya membutuhkan pemberian susu botol setiap empat jam sekali. Menurutnya ini adalah sebuah pertarungan terbesar dalam proses melahirkan pada sejarah anjing dalmatian.
Setelah berjuang selama 13 jam, akhirnya semua anak anjing ini selamat dan sekarang mereka semua sudah bisa tumbuh dan berkembang.
Awalnya para dokter hewan di sana memperkirakan Miley hanya mampu melahirkan tiga ekor saja, terlebih pasangan Astro dan Miley baru pertama kali menjadi orang tua. Tapi nyatanya anjing ini berhasil melahirkan 12 anak perempuan dan enam anak anjing laki-laki.
ADVERTISEMENT
"Biasanya anjing dalmatian melahirkan delapan sampai sepuluh anak anjing bahkan jika itu pertama kalinya mereka melahirkan biasanya kurang dari itu," kata Cecilia seperti dilansir Associated Press, Kamis (13/7).
Anjing Dalmatian melahirkan 18 anak anjing. (Foto: Associated Press)
Saat dilahirkan berat 18 anak anjing itu berkisar dari 228 gram-410 gram, tapi semuanya tumbuh dengan sehat dan sekarang semuanya memiliki berat masing-masing lebih dari 3 kilogram.
Cecilia menambahakan, awalnya dokter hewan memperkirakan kemungkinan anak anjing ini hanya mampu mencapai usia tiga tahun tapi ia berkeyakinan usia anak anjing itu akan mencapai 15 atau 16 tahun.
Bagi Cecilia sendiri, melihat 18 anak anjing ini berhasil lahir dan selamat merupakan kebahagiaan tersendiri. Jika dalam film 101 Dalmatians Pongo dan Perdita memiliki 15 anak anjing maka Astro dan Miley berhasil mengalahkan mereka.
ADVERTISEMENT
"Kami menyadari ketika yang terakhir lahir, kami telah mencapai sesuatu yang menakjubkan dan memecahkan rekor - dan sekarang realisasinya telah tiba, kami semua kagum," katanya.
Sekarang anak-anak anjing tersebut dirawat oleh Jade Martin, pemilik Miley di rumahnya dan saat ini sedang dalam proses pemberian nama. Beberapa di antaranya diberi nama Lucia, Luna, Pepper, Pongo, dan Dakota.
Untuk membedakan tiap anak anjingnya, Jade telah memasangkan kalung dan juga memberikan tanda dengan titik-titik berwarna yang berbeda di setiap anak anjing.
"Mereka telah memiliki kalung masing-masing sehingga kita tidak membuat mereka bercampur aduk karena sekilas Anda bisa dibuat kebingungan oleh mereka," kata Jade.
Anjing Dalmatian melahirkan 18 anak anjing. (Foto: Associated Press)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan