Buzz
·
9 November 2020 15:02

Pelajar SMA Raih Medali Emas Ciptakan Sepatu Ramah Lingkungan dari Kain Perca

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pelajar SMA Raih Medali Emas Ciptakan Sepatu Ramah Lingkungan dari Kain Perca (5511)
Hizz Shoe dok Instagram Disdik Jabar
Pelajar SMA Negeri 1 Cisarua, Bandung Barat, meraih medali emas dalam Festival dan Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) 2020, yang digelar secara virtual oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).
ADVERTISEMENT
Dari 129 rencana bisnis yang menjadi finalis di tingkat nasional, Rachel Anjar Yasih dan Rispa Maulana Sya'ban menang di kategori fashion untuk sepatu ramah lingkungan yang diberi nama Hizz Shoe.
Pelajar SMA Raih Medali Emas Ciptakan Sepatu Ramah Lingkungan dari Kain Perca (5512)
Pelajar SMA Rachel Anjar Yasih dan Rispa Maulana Sya'ban yang ciptakan sepatu ramah lingkungan dari kain perca dok Instagram Disdik Jabar
Prestasi ini membuat Rispa bahagia setelah menciptakan sneakers tersebut selama kurang lebih enam bulan lamanya.
"Alhamdulillah, kami bisa meraih prestasi setelah enam bulan proses perjuangan membangun sebuah produk," kata dia dikutip dari laman Disdik Jabar.

Sepatu Ramah Lingkungan dari Kain Perca

Sepatu high top dengan warna kuning, merah, dan biru cerah itu disebut ramah lingkungan karena bahan dasarnya terbuat dari kain perca.
Rispa mengatakan kain perca menjadi limbah nomor empat paling banyak di Indonesia.
"Pemanfaatan kain perca ini membuat Hizz Shoe sangat ramah lingkungan," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Selain tidak mencemari alam, sneakers buatan para pelajar tersebut juga turut menyejahterakan masyarakat sekitar dengan berkolaborasi bersama pengrajin sepatu di Cibaduyut. Hal ini dilakukan untuk membantu meningkatkan pendapatan yang menurun di masa pandemi COVID-19.