Entertainment17 September 2020 16:27

Pengamat Musik: TikTok Bisa Jadi Medium Baru buat Musisi

Konten Redaksi kumparan
Pengamat Musik: TikTok Bisa Jadi Medium Baru buat Musisi (826844)
Ilustrasi TikTok. Foto: DADO RUVIC/REUTERS
Meski bukan platform streaming musik, TikTok turut mempopulerkan sejumlah lagu, baik yang baru maupun sudah lama dirilis.
ADVERTISEMENT
Mulai dari Lathi milik Weird Genius yang dijadikan challenge, sampai Bagaikan Langit dari Potret yang dipadukan dengan fitur Focus on Me.
Pengamat musik Adib Hidayat menjelaskan, fitur musik di aplikasi TikTok bisa menjadi medium baru bagi para musisi lintas generasi untuk mempromosikan lagu. Apalagi dengan semakin eratnya dunia digital dalam kehidupan.
"Interaksi yang muncul antara lagu tersebut dengan publik, walaupun secara online, dapat menumbuhkan rasa keterikatan dengan lagu. Akhirnya membuat musik itu mudah diingat dan terkenal. TikTok bisa menjadi medium baru untuk strategi promo efektif bagi musisi saat pandemi seperti ini," jelas dia, dalam konferensi pers TikTok, Kamis (17/9).
Pengamat Musik: TikTok Bisa Jadi Medium Baru buat Musisi (826845)
Pengamat Musik Adib Hidayat dok TikTok

TikTok juga jadi platform kreativitas buat content creator

Tidak hanya buat musisi, TikTok juga jadi platform buat content creator di berbagai bidang.
ADVERTISEMENT
Tidak sedikit sosok viral yang berawal dari TikTok. Salah satunya Francis Karel, cowok asal Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat, dan belum lama ini jadi sorotan karena mengikuti tantangan duet dari Meghan Trainor. Videonya dapat balasan langsung dari penyanyi tersebut sampai diajak menulis lagu bareng.
Ada juga Stacey Hokagay yang kini dikenal dengan konten kuliner Jepang. Ia memanfaatkan TikTok sebagai platform untuk menuangkan kreativitasnya sekaligus mewujudkan mimpi. Di antaranya adalah duet bareng koki idolanya, Chef Arnold.
Pengamat Musik: TikTok Bisa Jadi Medium Baru buat Musisi (826846)
Stacey Hokagay dok TikTok
"Awal saya menggunakan TikTok sebenarnya lebih karena passion di bidang kuliner. Tapi sekarang sudah menjadi landasan untuk mencapai mimpi-mimpi saya," katanya.
Masih ada lagi content creator yang sekarang namanya semakin dikenal oleh warganet. Sebut saja Fadlan Holao dengan konten komedi, Christina Lie dengan berbagai tips soal bisnis, sampai Jebungg yang memukau dengan suara merdunya.
ADVERTISEMENT
Fandhy Thesia, Marketing Manager TikTok Indonesia mengatakan, para content creator tersebut telah mengubah kehidupan mereka dan orang-orang sekitarnya, melalui kreativitas serta bakat yang dimiliki.
Pengamat Musik: TikTok Bisa Jadi Medium Baru buat Musisi (826847)
#SamaSamadariTikTok dok TikTok
Tidak sedikit juga tren yang viral di jagat maya dan bermula dari TikTok. Ada #SamaSamaBelajar yang memberikan beragam tips, sampai challenge #wipeitdown dan #passthebrush yang diikuti oleh banyak orang.
Sementara, Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia mengatakan, tahun ini TikTok tidak hanya untuk menghibur tetapi juga memberikan rasa saling terhubung di tengah pandemi COVID-19.
"Kami berterima kasih karena selama tiga tahun TikTok telah menjadi rumah bagi kreativitas masyarakat Indonesia," ucapnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white