kumparan
2 Juli 2018 15:53

Persiapan Biaya bagi Calon Mahasiswa ITS yang Lolos SBMPTN 2018

ITS
Institut Teknologi Sepuluh November (Foto: Masuk Universitas)
Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) jadi salah satu PTN favorit pilihan para peserta SBMPTN 2018. Buktinya, di tahun ini, ITS berhasil memikat kurang lebih 34 ribu calon mahasiswa baru pada pelaksanaan SBMPTN 2018 pada Mei lalu.
ADVERTISEMENT
Dari jumlah peminat yang cukup tinggi tersebut, ITS hanya akan memberikan 1.490 kursi untuk 32 program studi bagi para peserta yang lolos.
Karena merupakan kampus teknik, hampir semua program studi yang ditawarkan oleh ITS berada di kelompok Saintek. Manajemen Bisnis merupakan satu-satunya program studi di institut ini yang tergolong dalam kelompok Soshum.
Pada SBMPTN 2018, daya tampung terbanyak di kelompok Saintek terdapat pada program studi Teknik Elektro yakni 96 kursi, disusul dengan jurusan-jurusan favorit seperti Teknik Industri sebanyak 80 kursi, Teknik Informatika sebanyak 72 kursi, serta Teknik Sipil sebanyak 60 kursi. Sementara itu, satu-satunya program studi di kelompok Soshum, Manajemen Bisnis, menyediakan 60 kursi.
Nah, buat kamu yang mendaftar dan diterima SBMPTN di ITS, kamu wajib melakukan pendaftaran ulang. Nantinya, kamu akan diminta mengisi data penghasilan orang tua. Pengisian data ini nantinya akan menentukan besar kecilnya UKT yang harus dibayarkan sejak awal semester hingga selesai kuliah.
ADVERTISEMENT
Enggak cuma mereka yang lulus seleksi melalui jalur SBMPTN, biaya UKT di ITS juga diperuntukkan bagi mereka yang lulus seleksi melalui jalur SNMPTN, kecuali untuk Program Studi Double Degree Marine Engineering.
Kelompok UKT di ITS dibedakan menjadi tujuh kategori yang besarnya ditentukan berdasarkan penghasilan orang tua. Biaya terendah adalah Rp 500 ribu dengan Indeks Kemampuan Ekonomi Orang Tua sebesar 0 – 1,59 untuk kategori pertama. Sementara itu, biaya tertinggi adalah Rp 7,5 juta dengan Indeks Kemampuan Ekonomi Orang Tua 6,01 – 7,00 untuk kategori ketujuh.
Pengumuman SBMPTN 2018 sendiri akan dilaksanakan pada Selasa (3/7) pukul 17.00 WIB. Nah, buat kamu yang dinyatakan lolos pada SBMPTN 2018 wajib melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 9-11 Juli mendatang. Keterangan mengenai berkas keperluan pendaftaran ulang akan diinformasikan kemudian. Kamu juga bisa mengunjungi situs resmi ITS lewat tautan berikut ini.
ADVERTISEMENT
Penulis: Nayla Erzani, SPEAR SMAN 34 Jakarta
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan