kumparan
search-gray
Entertainment16 Desember 2017 15:17

Persiapkan Tas Siaga untuk Antisipasi Bencana

Konten Redaksi kumparan
Persiapkan Tas Siaga untuk Antisipasi Bencana (89369)
Ilustrasi Gempa Bumi (Foto: Shutter Stock)
Jumat (15/12) malam, Tasikmalaya diguncang oleh gempa bumi berkekuatan 6,9 magnitudo. Enggak cuma dirasakan oleh warga Tasikmalaya, bencana tersebut juga dirasakan oleh orang-orang di sekitar pesisir selatan laut Jawa.
ADVERTISEMENT
Akibat gempa tersebut, banyak orang yang mengalami kerugian secara materiil. Meski begitu, ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak kerugian yang ditimbulkan dari adanya bencana.
Dilansir dari The New York Times, William Booher, juru bicara dari badan yang menanggulangi keadaan darurat di Amerika Serikat, mengatakan bahwa tiap orang atau keluarga wajib memiliki sebuah tas siaga bencana.
“Sangat penting untuk mempersiapkan tas siaga bencana dan hal itu harus tersedia setiap saat,” ujar William.
Buat yang belum tahu, secara garis besar, tas siaga bencana sebenarnya sudah lazim digunakan di negara-negara maju atau rawan bencana seperti Jepang. Tujuannya, saat tiba-tiba sedang dilanda bencana, kita bisa dengan sigap mempersiapkan diri kita untuk jangka waktu yang enggak diketahui, andai saja bencana itu terjadi selama beberapa hari.
ADVERTISEMENT
Nah, sebagai langkah antisipasi, ini dia benda-benda yang wajib ada di dalam tas siaga bencana, seperti yang kumparan (kumparan.com) rangkum dari American Red Cross.
1. Pakaian
Persiapkan Tas Siaga untuk Antisipasi Bencana (89370)
Pakaian Hangat (Foto: Thinkstock)
Kita enggak pernah tahu kapan bencana akan berakhir. Untuk mengantisipasinya, persiapkan beberapa lembar pakaian dalam, celana panjang, sweater, atau jaket. Selain itu juga persiapkan sleeping bag dan handuk. Persiapkan pakaian ini untuk tiga hari.
2. Makanan siap saji
Persiapkan Tas Siaga untuk Antisipasi Bencana (89371)
Aneka macam mie di toko umum Korea (Foto: Dok. Pribadi)
Makanan sangat dibutuhkan jika dalam keadaan darurat. Maka dari itu, kamu perlu mempersiapkan juga mie instan, susu sachet, dan biskuit. Pilihan bisa disesuaikan dengan kebutuhan asalkan bisa dikemas ringkas dan enggak memakan banyak tempat. Perhatikan juga tanggal kadaluarsanya.
3. Air minum
Persiapkan Tas Siaga untuk Antisipasi Bencana (89372)
Lindungi keluarga anda dari penyakit pasca gempa (Foto: Pixabay)
Sama seperti makanan, dalam kondisi seperti ini, kita pasti akan kesulitan untuk mencari asupan air bersih. Sebaiknya, persiapkan air minum gelas atau botol yang bisa mendukung kebutuhan kita untuk dua hari ke depan setelah bencana.
ADVERTISEMENT
4. Kebersihan dan kesehatan
Persiapkan Tas Siaga untuk Antisipasi Bencana (89373)
Ilustrasi obat-obatan (Foto: Thinkstock)
Kamu juga perlu mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebersihan dan kesehatan, mulai dari sabun sampai obat-obatan pribadi.
5. Dokumen penting
Persiapkan Tas Siaga untuk Antisipasi Bencana (89374)
Penggeledahan kasus ijazah palsu di Koja (Foto: Dok. Humas Polda Jawa Barat)
Kadang, hal yang satu ini sering luput dari perhatian karena tempatnya yang mungkin enggak terjangkau. Nah, di dalam tas siaga bencana ini, kamu juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen penting, mulai dari surat tanah, akte kelahiran, ijazah, dan lain-lain. Pastikan semuanya harus disimpan dalam plastik kedap.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white