News
·
16 November 2020 10:43

Presiden Jokowi di Ideafest 2020: Industri Kreatif adalah Industri Masa Depan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Presiden Jokowi di Ideafest 2020: Industri Kreatif adalah Industri Masa Depan (543516)
Presiden Jokowi dok Ideafest 2020
Dalam mendukung peningkatan industri dan ekonomi kreatif melalui rangkaian acara Ideafest 2020, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengajak masyarakat untuk membangun komunitas kreatif yang tangguh.
ADVERTISEMENT
Menurut Jokowi, industri kreatif adalah industri masa depan yang berperan besar dalam membangun ekonomi nasional. Terlebih karena industri tersebut menjadi sektor yang tidak terbatas, karena didasari imajinasi dan kreativitas.
"Kekuatan utamanya adalah kreativitas, pengetahuan, budaya, dan teknologi. Tempat anak-anak muda bukan hanya untuk bekerja, tapi juga berkreasi melahirkan karya-karya inovatif yang membanggakan," ujarnya dalam dalam pidato bertajuk 'Restarting Creative Industry, Rebuilding The Nation'.
Jokowi menilai, Indonesia punya potensi yang besar untuk mengembangkan industri kreatif. Sebab, memiliki jumlah anak muda yang besar, kekayaan seni tradisi yang luar biasa, hingga banyak talenta yang membanggakan dengan semakin banyaknya insan kreatif yang go global.
Presiden Jokowi di Ideafest 2020: Industri Kreatif adalah Industri Masa Depan (543517)
Presiden Jokowi dok Ideafest 2020
Oleh karena itu, industri kreatif dapat menjadi salah satu penggerak ekonomi nasional. Kontribusinya dari tahun ke tahun pun meningkat.
ADVERTISEMENT
Di 2017, industri kreatif menyumbang pada PDB sebesar Rp 1000 triliun. Angka itu meningkat pada 2018 menjadi Rp 1105 triliun, dan meningkat lagi menjadi Rp 1211 triliun di 2019.
"Begitu juga dengan tenaga kerja yang bekerja di sektor ini bertambah, tumbuh berkisar 5,9 persen setiap tahunnya. Ekonomi kreatif berpeluang menghidupi seluruh kalangan tanpa terkecuali, sehingga sektor industri kreatif menjadi sektor yang bisa menciptakan banyak lapangan kerja baru," lanjutnya.
Tidak hanya sebagai penggerak ekonomi, Jokowi juga percaya industri kreatif akan menjadi salah satu sektor pendukung penting dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.
Presiden Jokowi di Ideafest 2020: Industri Kreatif adalah Industri Masa Depan (543518)
Presiden Jokowi dok Ideafest 2020

Dukungan Pemerintah untuk Kemajuan Industri Kreatif

Untuk mewujudkannya, Jokowi berpesan bahwa hal tersebut perlu disambut dengan meningkatkan tingkat konsumsi brand industri kreatif dalam negeri.
ADVERTISEMENT
"Kita harus terus meningkatkan kecintaan dan kebanggaan pada hasil karya anak bangsa sehingga produk industri kreatif Indonesia menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Karena itu saya mengajak seluruh insan kreatif mempersiapkan diri menyambut peluang baru, mengambil kesempatan besar. Sekarang adalah waktu yang sangat tepat untuk meletakkan pondasi," pungkasnya.
Ia menambahkan, pemerintah juga akan mendukung pengembangan sektor kreatif.
"Pemerintah akan terus memperbaiki ekosistem industri kreatif agar lebih mudah membuka sektor usaha, lebih leluasa mengakses pendanaan, dan lebih cepat mengembangkan pasar," tutup Jokowi.