kumparan
28 Agustus 2019 17:01

Rekomendasi 5 Kegiatan untuk Isi Waktu Luang Liburan Semester

com-Ilustrasi liburan Foto: Shutterstock
Liburan semester tentu merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu, tak jarang jika sebagian banyak dari kita, berencana untuk pergi liburan. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan, seperti berlibur ke kampung halaman atau melakukan trip backpacker bersama teman-temanmu.
ADVERTISEMENT
Namun, terkadang kamu enggak bisa pergi ke mana-mana dan hanya bisa liburan di rumah. Eits, tapi enggak perlu sedih! Masih banyak kegiatan lain yang enggak menguras uang namun justru menambah tabunganmu, lho. Kamu bisa mencoba 5 hal di bawah ini yang akan membuat liburanmu menjadi lebih produktif dan enggak membosankan!
1. Menjadi freelancer
Ilustrassi freelance. Foto: Shutter Stock
Kamu tipe orang yang suka memperbanyak relasi dan enggak bisa diam di rumah? Jadi anak magang di sebuah perusahaan merupakan kegiatan yang kamu bisa coba nih, guys. Selain dapat mengisi waktu luang liburan semester kuliahmu, membangun relasi itu sangatlah penting, lho. Kamu bisa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dari melakukan pekerjaan freelance ini.
2. Menjadi kreator podcast
Rekomendasi podcast untuk perempuan karier. Foto: Shutterstock
Buat kamu yang suka sharing atau suka memotivasi teman-temanmu yang sedang galau, bikin project podcast bersama orang terdekat, bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu luang saat liburan semester kuliahmu. Selain itu, karya podcast bisa kamu masukkan sebagai materi untuk portfolio-mu saat kerja nanti, lho.
ADVERTISEMENT
3. Bikin project short movie
Ilustrasi film (cover) Foto: Shutter Stock
Memanfaatkan platform media menjadi hal yang menguntungkan, kamu bisa menuangkan ide-ide ceritamu untuk membuat atau mengikuti lomba short movie bersama teman-teman. Dengan berbagai pilihan medium media sosial yang ada seperti YouTube, Twitter, Facebook, dan lain-lain. Selain mendapatkan pengalamannya dalam bidang produksi film, siapa tahu produser film akan melirik hasil karyamu, lho.
4. Membuat website pribadi
Menciptakan personal brand itu sangat penting, sebab, itu akan membantumu untuk bersaing di dunia kerja. Di zaman yang serba digital dan canggih ini, orang-orang akan mencari tahu siapa dirimu dan bisa langsung meng-google namamu.
Untuk itu, agar personal brand kamu dikenal, maka, ada baiknya kamu membuat situs pribadi. Dari situ kamu bisa mengunggah portfolio, artikel tulisanmu dan kemampuan yang kamu miliki. Selain itu kamu bisa menjadikan hal ini sebagai ladang bisnis untuk mendesain website!
ADVERTISEMENT
5. Jadi barista di coffee shop
Ilustrasi barista perempuan Foto: Shutter Stock
Suka hal-hal yang berbau dengan kopi? Kamu bisa mengisi luang waktu liburan semestermu dengan menjadi barista. Enggak hanya membuat kopi, namun menjadi barista harus butuh keterampilan dan skill tambahan lagi, lho, cocok buat kamu yang suka challenge, nih!
Penulis: Aulania Silviananda
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan