kumparan
search-gray
Entertainment2 Januari 2018 18:34

Riset: Postingan di Instagram Bisa Mengungkap Seberapa Depresinya Kamu

Konten Redaksi kumparan
Riset: Postingan di Instagram Bisa Mengungkap Seberapa Depresinya Kamu (68370)
Ilustrasi Selfie (Foto: Dok. Highsnobiety)
Seberapa sering kamu mengunggah foto atau video di Instagram? Apakah sehari bisa mengunggah hingga tiga foto atau video?
ADVERTISEMENT
Ternyata, apa yang kamu unggah di Instagram bisa menunjukkan apakah kamu sedang depresi atau enggak, lho. Menurut sebuah studi yang diterbitkan di EPJ Data Science, dan dikutip dari Highsnobiety, mereka bisa mengetahui apakah pengguna Instagram mengalami depresi hanya dengan melihat feed Instagram mereka.
Penelitian tersebut dilakukan setelah melihat 43.950 gambar dari 166 relawan akun Instagram dan menemukan rumus algoritma depresi yang lebih akurat ketimbang diagnosa yang dilakukan oleh dokter.
Studi tersebut mengungkapkan bahwa pengguna Instagram yang depresi bisa dilihat dari konten unggahannya yang terlihat lebih biru, lebih gelap, dan lebih keabu-abuan, serta cenderung sering mengunggah foto dengan wajah yang sendirian.
Enggak hanya itu, mereka juga sering memakai filter-filter seperti “Inkwell” dan “Black and White”. Sedangkan pengguna yang enggak depresi lebih memilih filter yang lebih berwarna seperti “Valencia”.
ADVERTISEMENT
Enggak hanya terlihat dari tema dan filter foto, ternyata pengguna Instagram yang depresi juga terlihat dari banyaknya komentar ketimbang like di setiap unggahan fotonya.
“Dokter enggak memiliki kemampuan untuk mengamati kehidupan kita dengan lebih baik ketimbang ponsel,” ujar Chris Danforth, penulis studi EPJ Data Science, kepada Mashable.
Selain itu, Chris juga menambahkan bahwa ponsel lebih tahu diri kita ketimbang diri kita sendiri.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white