Buzz
·
29 Januari 2021 16:42

Romantic Echoes dan Misi Hadirkan Musik Pop Psikedelik 60-an ke Masa Kini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Romantic Echoes dan Misi Hadirkan Musik Pop Psikedelik 60-an ke Masa Kini (421592)
JOOX Kanal Komunal dok JOOX
Sejak 2019, vokalis band Pijar, J. Alfredo alias Jakjek, hadir dengan moniker Romantic Echoes sebagai proyek solonya.
ADVERTISEMENT
Jakjek mengakui Romantic Echoes sudah menjadi impian pribadinya sejak lama.
"Gue rasa ini sudah saatnya bikin proyek solo dengan format band, karena gue enggak mau dikenal pakai nama asli seperti yang lainnya," kata dia, dalam JOOX Kanal Komunal episode ke-6.
Romantic Echoes dan Misi Hadirkan Musik Pop Psikedelik 60-an ke Masa Kini (421593)
Romantic Echoes dok IG romanticechoes
Dengan Romantic Echoes, Jakjek punya misi mulia. Dia ingin menghadirkan cinta kepada sekitarnya lewat campuran musik pop psikedelik ala tahun '60-an.
Jakjek mengungkapkan alasan menciptakan Romantic Echoes karena ingin membangkitkan lagi semangat dan karya musisi lama Indonesia, yang mungkin sudah dilupakan oleh generasi milenial. Sebut saja Chrisye atau Barry Likumahuwa.
"Kenapa gue bikin kombinasi musik antara psikedelik tahun '60-an dan pop? Karena menurut gue industri ini membutuhkan itu. Kayaknya ada sesuatu yang kosong yang perlu gue isi supaya jadi indah kembali," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Lewat Romantic Echoes, dia menggabungkan unsur pop, rock, electronic, dan psikedelik dengan nuansa '60-an yang berbeda dibandingkan karya Pijar.
Debutnya sebagai Romantic Echoes ditandai dengan dua lagu berjudul You Made Me Smile dan You Made Me Cry, yang berkolaborasi sama solois Oslo Ibrahim.
Sampai akhirnya di 2020, dia melepas album debut berjudul Persembahan dari Masa Lalu yang berisi 12 lagu. Salah satunya adalah Yang Tercinta yang menggandeng solois melankolis lainnya, yakni Bilal Indrajaya dan Noh Salleh.
Bersama Kedubes Bekasi dan dipandu Adjis Doa Ibu, Romantic Echoes juga membahas banyak hal lain seputar proses kreatifnya, hingga skena musik independen Indonesia.
Selengkapnya bisa kamu simak di re-run JOOX Kanal Komunal episode ke-6 di sini.
ADVERTISEMENT

JOOX Kanal Komunal

JOOX Kanal Komunal adalah program mingguan untuk mengenalkan musisi jagoan dari setiap daerah dan komunitas kreatif.
Melalui Kanal Komunal, kamu bisa mengetahui perkembangan musik terkini sampai kisah inspiratif para musisi, seperti Sal Priadi, Nosstress, .Feast, Kapal Udara, serta komunitas Swara Gembira, RURUradio, Sobat Ambyar, dan masih banyak lagi.
Kanal Komunal hadir dalam delapan episode secara reguler setiap Jumat pukul 20.00 WIB, dan hanya tayang di aplikasi JOOX Live.