kumparan
17 Januari 2018 16:32

Selain Dilan, Ini 5 Film Indonesia Bertema SMA yang Wajib Kamu Tonton

Syuting Film Dilan Hari Pertama
Syuting Film Dilan Hari Pertama (Foto: Dok. Falcon Pictures)
Setuju enggak, sih, kalau masa SMA adalah masa yang paling indah? Yap, segala kisah persahabatan dan cinta yang mewarnai masa-masa SMA memang selalu jadi topik yang menarik untuk dibahas.
ADVERTISEMENT
Nah, berbicara tentang kehidupan SMA, salah satu film yang lagi ditunggu banget di tahun ini adalah Dilan. Yap, film yang diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq ini memang menjual cerita yang khas dengan kehidupan para pelajar, yakni cinta, persahabatan, dan kenakalan remaja.
Namun, Dilan bukan satu-satunya film Indonesia yang mengambil tema kehidupan SMA. Buat kamu yang pengin nonton film Dilan, sebagai pemanasan, berikut kumparan (kumparan.com) rangkum lima film Indonesia bertema kehidupan SMA yang wajib kamu tonton.
1. Catatan Si Boy (1987)
Video
Pecinta film di era 80-an pasti tahu betul dengan film yang satu ini. Yap, film yang diperankan oleh artis-artis senior kayak Onky Alexander, Didi Petet, Meriam Bellina, Dede Yusuf, dan Ayu Azhari ini masih terekam jelas di hati masyarakat Indonesia. Ketenaran film ini sudah enggak usah diragukan lagi.
ADVERTISEMENT
2. Ada Apa Dengan Cinta (AADC) (2002)
AADC
AADC (Foto: Wikimedia Commons)
Siapa, sih, yang enggak tahu film yang satu ini? Yap, film yang tayang pada tahun 2002 ini sempat hits banget di zamannya dan pernah menjadi trend setter di kalangan anak SMA saat itu. Baik itu dari gaya busana Cinta dan teman-temannya, hingga kisah cinta antara Rangga dan Cinta yang enggak keduga banget akhirnya.
3. Catatan Akhir Sekolah (2005)
Catatan Akhir Sekolah
Catatan Akhir Sekolah. (Foto: Wikimedia Commons)
Tiga tahun semenjak kemunculan film Ada Apa Dengan Cinta (AADC), dunia perfilman Indonesia juga dibuat "geger" dengan kemunculan film yang mengangkat cerita kehidupan anak SMA. Film yang dibintangi oleh tiga aktor ganteng Indonesia seperti Vino G. Bastian, Christian Sugiono, dan Marcel Chandrawinata ini, menceritakan tentang tiga anak SMA yang pengin membuat film dokumenter tentang sekolahnya dan ditayangkan saat acara pentas seni sekolah. Dalam proses pembuatan film dokumenter tersebut, ketiganya juga mengalami berbagai hambatan yang harus dilalui.
ADVERTISEMENT
4. Refrain (2013)
Video
Film ber-genre drama romantis yang dibintangi Afgan dan Maudy Ayunda ini adalah film yang diadaptasi dari novel yang berjudul sama karya Winna Efendi. Film ini menceritakan tentang persahabatan Niki dan juga Nata, yang ternyata diam-diam Nata menyimpan perasaan lebih kepada Niki. Sampai akhirnya Nata harus pergi ke luar negeri dan cintanya masih belum tersampaikan kepada Niki.
5. Galih & Ratna (2017)
Galih & Ratna
Galih & Ratna (Foto: Dok. Wikimedia Commons )
Galih & Ratna merupakan remake dari film laris tahun 1979, Gita Cinta dari SMA. Kalau Gita Cinta dari SMA dibintangi oleh Rano Karno dan Yessy Yusman, nah, untuk versi terbaru ini dibintangi oleh Refal Hady dan juga Sheryl Sheinafia.
Film ini juga memiliki cerita yang cukup sedih dari Galih dan Ratna yang membuktikan bahwa masa SMA bukan hanya tentang hura-hura belaka, melainkan juga proses belajar yang enggak mudah demi membuat bangga orang tua dan masuk perguruan tinggi idaman seperti yang dialami Ratna dalam film ini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan