kumparan
search-gray
Entertainment2 Juli 2018 20:21

Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui jika Lulus SBMPTN 2018 di Unair

Konten Redaksi kumparan
Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui jika Lulus SBMPTN 2018 di Unair (554365)
Universitas Airlangga (Foto: Facebook Universitas Airlangga)
Universitas Airlangga (Unair) merupakan salah satu PTN favorit yang banyak diminati oleh peserta SBMPTN 2018. Terletak di kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Unair memiliki 14 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana dengan pembagian 39 program sarjana, 45 magister, 13 doktor, 17 diploma 3, 3 diploma 4, 7 profesi, 33 spesialis-1 (Sp1) dan 8 spesialis-2 (Sp2).
ADVERTISEMENT
Universitas yang didirikan tepat pada momentum Hari Pahlawan yang kesembilan, yaitu 10 November 1954 itu juga memiliki segudang torehan prestasi membanggakan baik di kancah nasional maupun internasional.
Tak heran jika Unair melahirkan alumni-alumni yang mumpuni seperti Khofifah Indar Parawansa (mantan Menteri Sosial RI, Calon Gubernur Jawa Timur), Ignasius Jonan (Mantan Menteri Perhubungan yang kini menjabat Menteri ESDM), Prigi Arisandi (Ahli Biologi) dan Ari Lasso (penyanyi).
Pendidikan Dokter (untuk rumpun Saintek) dan Ilmu Hukum (untuk rumpun Soshum) menjadi dua prodi yang paling banyak diminati pada pelaksanaan SBMPTN 2018 kemarin. Meski begitu, Unair hanya menampung 100 calon mahasiswa baru untuk prodi Pendidikan Dokter, dan 96 untuk prodi Ilmu Hukum.
Dikutip dari laman resmi Unair, biaya UKT terendah adalah Rp 500 ribu per semester untuk semua jurusan yang masuk ke dalam kelompok UKT I. Sedangkan, biaya UKT tertinggi adalah Rp 21,5 juta per semester untuk prodi Pendidikan Dokter yang masuk ke dalam kelompok UKT V.
ADVERTISEMENT
Nah, buat kamu yang mendaftar dan dinyatakan lulus SBMPTN 2018 di Unair, kamu wajib mencatat enam tanggal penting berikut ini:
1. Pra pendaftaran ulang
Calon mahasiswa baru Unair yang dinyatakan lulus melalui jalur SBMPTN wajib melakukan pengisian Data Registrasi dan Verifikasi Administrasi, serta melakukan upload file beberapa berkas penting seperti; Ijazah, SKHUN, Akte Kelahiran, Foto copy pembayaran rekening listrik, hingga Foto copy keterangan penghasilan orang tua, melalui laman regmaba.unair.ac.id pada tanggal 4-8 Juli 2018.
2. Informasi besaran tarif UKT
Pada 8 Juli 2018, calon mahasiswa baru Unair akan mendapatkan informasi perihal besaran tarif UKT (invoice) melalui laman regmaba.unair.ac.id.
3. Pembayaran UKT
Calon mahasiswa baru wajib membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai dengan informasi besaran tarif UKT pada periode 9-12 Juli 2018.
ADVERTISEMENT
4. Tes ketunaan
Meski telah dinyatakan lulus SBMPTN , calon mahasiswa baru Unair juga harus melakukan tes ketunaan di Rumah Sakit Universitas Airlangga pada 12, 13, dan 16 Juli 2018.
5. Tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT)
Selain tes ketunaan, calon mahasiswa baru Unair juga harus melakukan tes kemampuan bahasa Inggris (ELPT) di Pusat Bahasa (PUSBA) Unair pada 13-21 Juli 2018.
6. Pendaftaran ulang
Calon mahasiswa baru Unair yang lulus melalui jalur SBMPTN 2018, wajib melaksanakan pendaftaran ulang pada 19-20 Juli di Gedung Airlanga Convention Center (ACC).
Informasi selengkapnya mengenai pendaftaran ulang mahasiswa baru Unair bisa kalian baca di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white