kumparan
2 Juli 2018 17:18

Serba-serbi Informasi untuk Peserta SBMPTN 2018 Tujuan ITB

Institut Teknologi Bandung (ITB). (Foto: Facebook @institutteknologibandung)
Bagi mereka yang ingin berkuliah di bidang saintek, kampus yang berlokasi di kota Bandung, Jawa Barat, ini, adalah salah satu nama favorit dalam SBMPTN 2018.
ADVERTISEMENT
Beragam prestasi yang telah ditorehkan, ditambah catatan nama alumninya yang tidak sembarangan, membuat ITB memiliki daya pikat yang cukup kuat di mata para calon mahasiswa.
Sejak peresmiannya pada tanggal 2 Maret 1959 lalu, ITB kini sudah lebih berkembang dengan menambahkan dua fakultas non-saintek ke dalam ekosistem pendidikannya, yakni Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM).
Berdasarkan data SBMPTN tahun lalu, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) menjadi fakultas di rumpun saintek ITB yang memiliki jumlah peminat paling banyak, yakni sebanyak 4.215 orang.
Sementara, untuk SBMPTN 2018, STEI ITB memiliki daya tampung sebesar 168 kursi. Jumlah tersebut menjadi yang kedua terbesar setelah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan 180 kursi.
ADVERTISEMENT
Di rumpun sosial humaniora, SBM menjadi primadona dengan 3.451 peminat pada tahun 2017. Sedangkan di tahun ini, daya tampung yang mereka miliki berada pada angka 128 kursi.
Jika berbicara tentang Uang Kuliah Tunggal (UKT) di ITB sendiri, ketentuan jumlah biaya pendidikan dibagi menjadi dua, yakni berdasarkan jenis program yang diikuti calon mahasiswa; reguler atau non-reguler.
Seperti yang tertera pada laman USM ITB, kampus tersebut menetapkan jumlah UKT sebesar Rp 12,5 juta per semester, untuk program reguler dari setiap fakultas di luar SBM. Sementara itu, mereka yang berhasil masuk program reguler SBM, dikenakan biaya sebesar Rp 20 juta untuk setiap satu semesternya.
Bagi yang mengikuti program non reguler seperti kelas internasional, semua fakultas non SBM dikenakan biaya pendidikan sebesar Rp 30 juta. Sedangkan untuk SBM jumlahnya sebesar Rp 40 juta.
ADVERTISEMENT
Pengumuman hasil SBMPTN 2018 bisa mulai diakses mulai Selasa (3/7) pukul 17.00 WIB melalui laman resmi SBMPTN 2018 yang tertera di tautan berikut ini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan