kumparan
search-gray
Entertainment29 Juni 2018 14:03

Siswa Berprestasi Cenderung Punya Tingkat Narsistik yang Tinggi

Konten Redaksi kumparan
Siswa Berprestasi Cenderung Punya Tingkat Narsistik yang Tinggi (1031795)
Ilustrasi narsis (Foto: Pixabay)
Ada banyak tanda yang memperlihatkan bahwa seseorang punya sifat narsistik. Dua di antaranya adalah sulitnya memiliki teman dekat dan kurangnya empati terhadap orang lain.
ADVERTISEMENT
Dilansir Teen Vogue, sebuah penelitian baru mengungkap bahwa banyak dari para siswa yang sukses atau berprestasi punya sifat narsistik yang tinggi. Penelitian tersebut dilakukan oleh School of Psychology di Queen's University Belfast.
Untuk mengetahui hasil penelitian ini, 340 siswa remaja dilibatkan menjadi responden dan melihat kesinambungan antara ketangguhan mental, narsisme, dan pencapaian mereka. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa narsisme berkorelasi dengan ketangguhan mental, yang memicu mereka untuk lebih sukses baik di sekolah dan kehidupan pada umumnya.
"Orang yang narsis sangat meyakini bahwa dirinya lebih baik daripada orang lain dan berhak mendapat yang lebih,” kata Dr. Kostas Papageorgiou, pemimpin penelitian tersebut.
Narsisme nyatanya tidak selalu punya pengertian yang negatif. Papageorgiou bahkan mengatakan bahwa masyarakat perlu meninjau ulang bagaimana memandang dan pengaruh sifat narsistik pada seseorang.
ADVERTISEMENT
“Percaya dengan kemampuan diri sendiri juga merupakan inti dari ketangguhan mental, dan ini adalah salah satu sifat kuat yang dimiliki mereka. Jadi, jika seseorang sudah punya mental yang tangguh, mereka cenderung menerima tantangan dan melihatnya sebagai peluang untuk lebih berkembang,” pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white