Buzz
·
21 April 2021 13:55

Sneakers dengan Darah Manusia Ditarik dari Pasaran Usai Gugatan Nike

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sneakers dengan Darah Manusia Ditarik dari Pasaran Usai Gugatan Nike (414820)
'Sneakers Setan' dok Twitter @LilNasX
'Sneakers setan' yang mengandung setetes darah manusia ditarik dari pasaran, menyusul gugatan Nike.
ADVERTISEMENT
Sneakers itu menggunakan siluet Nike Air Max 97. Tapi dirancang dan dirilis oleh MSCHF--perusahaan seni asal Amerika Serikat--pada bulan lalu tanpa ada izin dari brand tersebut.
Kini, sebanyak 666 sepatu yang telah terjual seharga USD 1.018 atau sekitar Rp 14 juta per pasang, ditarik dari peredaran. Para pembeli juga mendapatkan refund.
Perwakilan MSCHF, David Bernstein, menilai peluncuran sepatu tersebut ditanggapi secara dramatis oleh Nike.
"Tapi karena telah mencapai tujuan artistiknya, MSCHF dengan senang hati menyelesaikan gugatan tersebut," kata dia, dikutip dari NME.
Sneakers dengan Darah Manusia Ditarik dari Pasaran Usai Gugatan Nike (414821)
'Sneakers Setan' dok Twitter @LilNasX
MSCHF menggandeng Lil Nas X dalam peluncuran 'sneakers setan', bersamaan dengan promosi lagu baru berjudul Montero (Call Me By Your Name). Tapi sang rapper enggak disebutkan sebagai pihak tergugat.
ADVERTISEMENT
Meski begitu lewat Twitter @lilnasx, dia meminta penggemarnya untuk terus mendengarkan lagu Montero (Call Me By Your Name) biar bisa bayar gugatan Nike.

'Sneakers Setan' yang Penuh Kontroversi

Sepatu tersebut jadi sorotan dan menuai kontroversi, karena terdapat 66 cc tinta merah dengan kandungan setetes darah manusia pada bagian sol.
Dilansir New York Times, ternyata darahnya diambil dari enam karyawan MSCHF.
"'Mengorbankan' jadi istilah kerennya aja. Sebenarnya, sih, dari tim MSCHF yang memberikan darahnya. Enggak banyak, kok," ungkap salah satu pendiri MSCHF, Daniel Greenberg.
Dia bilang, pihaknya melakukan pengambilan darah tanpa bantuan atau pengawasan tenaga medis profesional.
Selain darah manusia, sepatunya juga dihiasi tulisan Alkitab surat Lukas 10:18 yang meriwayatkan kejadian diusirnya setan dari surga. Pada tali sepatu ada pentagram yang disematkan.
ADVERTISEMENT