kumparan
16 Januari 2019 19:48

Soulvibe Ungkap Rasanya Jadi Band Indie

Soulvibe
Soulvibe saat berkunjung ke kantor kumparan Jalan Jati Murni No 1A, Jati Padang, Jakarta. (Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan)
Setelah 13 tahun bermusik, Soulvibe kembali ke jalur independen dengan label rekamannya sendiri, GV Records. Lewat label tersebut, grup musik yang beranggotakan Handy (drum), Caesar (bass dan gitar), dan Bayu (vokal) ini telah merilis single 'Lebih Dari Sekedar Ini' dan akan meluncurkan album kelimanya di pengujung 2019.
ADVERTISEMENT
Soulvibe yang sempat merilis album dan single bersama label mayor itu mengungkapkan sebagai band indie memang enggak terlepas dari tantangan, terutama soal anggaran.
"Ini realitas saja. Tantangan kami budgeting. Ketika lebih bebas mau melakukan apa saja, tapi budget harus mikir sendiri. Setiap pengin gerak, tuh, kayak dipertimbangkan lagi, ada pilihan yang lebih bijak," jelas Caesar saat main ke kumparan beberapa waktu lalu.
Soulvibe
Soulvibe saat berkunjung ke kantor kumparan Jalan Jati Murni No 1A, Jati Padang, Jakarta. (Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan)
Handy menambahkan, justru dari segi materi album dan rekaman, Soulvibe enggak terlalu kesulitan karena mereka jalani dengan santai.
"Bukannya enggak ada tantangan, tapi kami cair dan mengalir saja. Secara perlengkapan kami sudah ada. Tapi kayak promo, strategi, dan tools pendukung, ya, tantangan di situ," ujar dia.
ADVERTISEMENT
"Tantangannya di situ, hidup di dua alam. Berkarya dan memikirkan bisnisnya," lanjut Handy.
Apalagi dengan adanya media sosial dan layanan streaming musik secara digital, membuat Soulvibe lebih mudah untuk berada di jalur independen. Bayu menyebut hal ini berbeda dengan zaman dulu yang mengharuskan musisi untuk merilis lagu secara fisik.
"Kami tahu sekarang industrinya mendukung untuk setiap band menjadi indie. Kami mencoba indie dalam artian sebenarnya. Budget, konsep, dan perdana Soulvibe total sendiri. Walau repot tapi menyenangkan," tutur Handy.
Enggak cuma itu, Soulvibe juga sempat menceritakan mengenai single terbarunya 'Lebih Dari Sekedar Ini' yang dirilis pada November 2018. Bagaimana keseruannya? Simak di video di bawah ini, ya!
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan