Entertainment
·
19 Desember 2017 17:32

Spotify Sampai Apple Music, Mana yang Paling Ramah Kuota Internet?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Spotify Sampai Apple Music, Mana yang Paling Ramah Kuota Internet? (58532)
Menikmati streaming musik di ponsel. (Foto: Kaboompics // Karolina (CC0 Public Domain))
Seberapa sering kalian mendengarkan lagu melalui layanan musik streaming? Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, layanan ini seolah menjadi “primadona” bagi para penikmat musik di masa sekarang.
ADVERTISEMENT
Selain praktis, layanan musik streaming juga kerap dianggap lebih efektif dari segi ekonomi. Sebab, para penikmat musik kini enggak perlu lagi keluar ongkos untuk pergi ke toko CD untuk mendengarkan karya musisi favoritnya.
Namun, seberapa murah sebenarnya biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan layanan musik streaming? Simak rangkuman dari kumparan (kumparan.com) berikut ini, seperti yang dilansir dari laman NBN Co.
1. Spotify
Spotify Sampai Apple Music, Mana yang Paling Ramah Kuota Internet? (58533)
Playlist di Spotify. (Foto: Spotify/Facebook)
Kualitas streaming tertinggi yang bisa kalian nikmati pada aplikasi Spotify dengan keanggotaan (membership) premium ialah 320kbps. Dalam kualitas tersebut, penggunaan kuota internet per menitnya dapat mencapai 2,40MB, atau mencapai rata-rata 115,2MB kuota internet per jamnya. Dengan kuota sebesar 1GB, kamu dapat menggunakan Spotify selama waktu kerja, atau sama dengan delapan jam.
ADVERTISEMENT
Kalian juga memiliki opsi untuk menikmati layanan aplikasi tersebut dengan pengaturan rendah yakni 96kbps, dan dibatasi penggunaannya hinga 0,72MB per satu menit. Dengan pengaturan seperti ini, kalian hanya perlu 43,2MB per satu jam penggunaannya.
2. Apple Music
Spotify Sampai Apple Music, Mana yang Paling Ramah Kuota Internet? (58534)
Apple Music (Foto: Flickr.com/@freestock.org)
Cukup berbeda dengan Spotify, Apple Music memberikan kalian opsi untuk mendengarkan dalam tiga kualitas streaming yang berbeda, yakni 64, 128, serta 256kbps. Sebagai acuan, dengan kuota sebesar 1GB, kamu bisa menggunakan mendengarkan lagu selama 36 jam penggunaan untuk pengaturan terendah, 18 jam untuk kualitas tinggi, serta 9 jam untuk kualitas premium.
3. Google Play Music
Spotify Sampai Apple Music, Mana yang Paling Ramah Kuota Internet? (58535)
Google Play Music (Foto: maxpixel.freegreatpicture.com)
Layanan dari google yang satu ini juga menawarkan tiga opsi kualitas streaming, yakni rendah, normal, serta tinggi. Yang berbeda adalah, saat kalian menggunakan kualitas tinggi pada Google Play Music, selain konsumsi data yang banyak, hal tersebut juga akan menyebabkan lebih banyak loading serta delay. Dengan menggunakan layanan ini dalam kualitas tertinggi, kamu bisa menghabiskan 1GB untuk delapan jam pemakaian.
ADVERTISEMENT
4. Pandora
Spotify Sampai Apple Music, Mana yang Paling Ramah Kuota Internet? (58536)
Music streaming Pandora (Foto: Flickr.com/@frankieleon)
Dengan kualitas streaming 128kbps, kalian bisa menggunakan 57,6MB per satu jam dan sekitar 500MB untuk delapan jam penggunaan. Sementara dalam kualitas tertinggi, yakni 192kbps, kalian akan menghabiskan sekitar 700MB untuk penggunaan selama delapan jam.
5. Tidal
Spotify Sampai Apple Music, Mana yang Paling Ramah Kuota Internet? (58537)
Music streaming Tidal (Foto: Wikimedia Commons)
Pada kualitas streaming tertinggi Tidal, 320kbps, 1GB kuota data internet bisa kalian gunakan selama kurang lebih delapan jam. Untuk kualitas normal, yakni 96kbps, data yang diperlukan untuk satu jam penggunaannya adalah 43,2MB.
Berdasarkan pemaparan tersebut, layanan musik streaming Pandora menjadi yang paling ramah dengan kuota internet.
Mana yang jadi pilihan kalian?