Untitled Image
11 September 2021 11:01
·
waktu baca 2 menit

Strategi Bikin Usaha Tahan Banting

Strategi Bikin Usaha Tahan Banting (646799)
searchPerbesar
Festival UMKM dok istimewa
Pandemi COVID-19 yang terjadi sejak 2020 nyatanya tak cuma menjadi tantangan. Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) justru bisa menangkap peluang baru di masa pandemi.
ADVERTISEMENT
Ya, kunci untuk bertahan di masa krisis adalah adaptasi dan transformasi. Pelaku UMKM harus memanfaatkan platform digital untuk membuat usahanya lebih berkembang.
Data menunjukkan pandemi memicu pelaku UMKM untuk masuk ke ekosistem digital. Sepanjang Mei 2020 hingga Juli 2021, setidaknya ada 7,2 juta UMKM yang memanfaatkan saluran digital sehingga sudah ada 15 juta UMKM yang melek digital.

Temukan Strateginya di Festival UMKM kumparan 2021

Maka dari itu, Festival UMKM kumparan yang akan digelar 26-28 Oktober 2021 kembali hadir. Tahun ini, topik-topik seputar optimasi saluran digital untuk UMKM akan dibahas tuntas oleh sosok-sosok milenial inspiratif. Di samping itu, kamu juga tidak boleh ketinggalan untuk menyimak pembahasan soal strategi agar usaha bertahan di kondisi kritis.
Strategi Bikin Usaha Tahan Banting (646800)
searchPerbesar
Festival UMKM dok istimewa
Enggak cuma itu, Festival UMKM kumparan 2021 juga akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Tak ketinggalan 6 menteri juga akan menyampaikan soal prospek dan potensi UMKM Indonesia, yang tentunya sayang banget untuk dilewatkan.
ADVERTISEMENT
Sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku UMKM yang sudah memberikan inspirasi dan menggerakkan kaum milenial untuk memulai usaha, Festival UMKM kumparan 2021 juga kembali menggelar Local Brand Editor’s Choice. Kami akan memberikan apresiasi untuk pelaku UMKM di empat kategori: Kriya, Kuliner, Kecantikan, dan Fesyen.
Strategi Bikin Usaha Tahan Banting (646801)
searchPerbesar
Festival UMKM dok istimewa
Eits, bagi kamu yang punya usaha dan butuh mendapatkan pelatihan intensif, bisa banget daftar Master Class. Ini adalah program pelatihan intensif yang berkolaborasi dengan BRI, Kementerian Koperasi dan UKM RI, dan Blibli. Bagi yang belum daftar boleh banget isi form-nya dan ditunggu sampai 30 September 2021.
Bergabung dengan program Master Class dengan mengisi formulir di tautan ini kum.pr/formmasterclass #kumparanTemanUMKM
Gimana, makin penasaran kan dengan Festival UMKM kumparan 2021? nanti keseruannya, ya, di kumparan!