kumparan
3 Agustus 2019 14:04

Studi: Atasan Perempuan Lebih Baik dibandingkan Laki-laki

Ilustrasi Perempuan karier
Perempuan karier. Foto: Shutterstock
Atasan menjadi salah satu penentu di dunia kerja untuk pengembangan skill dan kemajuan kariermu. Atasan yang baik siap berperan sebagai pemimpin, pembimbing, sekaligus mentor.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya kriteria atasan yang baik enggak tergantung berdasarkan gendernya. Tapi dilansir Times of India, sebuah studi melaporkan sebenarnya perempuan mampu menjadi atasan yang lebih baik daripada laki-laki.
Studi ini dilakukan oleh sebuah perusahaan analisis asal Amerika Serikat, Gallup, yang melakukan survei kepada hampir 27 juta karyawan dari seluruh dunia.
Hasilnya, perempuan lebih baik dalam membuat karyawannya merasa terlibat dalam pekerjaan. Peneliti mendefinisikan kalimat 'merasa terlibat' ini dengan sikap antusias, komitmen, dan aktif dalam lingkungan kerja.
Peneliti mengklaim bahwa karyawan yang bekerja di bawah arahan perempuan merasa lebih sering didukung, mendapat pujian, mendapat perhatian, dan mendapatkan feedback.
Penelitian ini juga menyebutkan bahwa manajer perempuan lebih baik dalam menetapkan harapan dasar bagi karyawan mereka, membangun hubungan dengan bawahan, mendukung lingkungan yang positif, dan memberikan kesempatan karyawan untuk berkembang dalam kariernya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, studi ini juga menyimpulkan bahwa perempuan mampu menjadi atasan yang lebih baik karena cenderung lebih terlibat secara langsung dengan karyawannya.
Keterlibatan dalam bekerja memang menjadi hal penting. Karena jika seorang karyawan enggak merasa terlibat dalam pekerjaannya, maka kualitas kerjanya enggak akan maksimal.
Reporter: Lavira Andaridefia
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan