kumparan
24 Oktober 2019 7:56

Studi: Cewek Lebih Gampang Gemuk Akibat Stres Kerja

Ilustrasi Makan
llustrasi makan ketika stres kerja Foto: Shutterstock
Enggak jarang, makan dijadikan solusi buat kamu yang lagi stres kerja. Pas lagi merasa stres kerja banget, enggak sadar kamu udah menghabiskan dua porsi mi instan, segelas jus alpukat, segelas chocolate milkshake, sepiring nasi goreng, dan semangkuk soto daging.
ADVERTISEMENT
Tapi, hati-hati, gaes. Terutama, buat para cewek yang lagi stres kerja, nih.
Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Gothenburg, Swedia, cewek lebih gampang gemuk dibandingkan cowok ketika lagi stres kerja. Hasil ini didapatkan dari mempelajari 3.872 partisipan selama 20 tahun.
"Kami menemukan bahwa stres kerja berpengaruh kepada kenaikan berat badan perempuan. Sedangkan, buat laki-laki, enggak ada kaitannya antara kenaikan berat badan dan stres kerja," terang peneliti, Sofia Klingberg, seperti dilansir Times of India.
Hampir 50 persen cewek yang lagi mengalami stres kerja, mengaku ada kenaikan di berat badannya. Tapi, studi ini enggak menjelaskan kenapa cuma cewek yang gampang gemuk akibat stres kerja.
"Kami belum menganalisis alasannya. Namun, bisa jadi karena pengaruh dari stres kerja dan tanggung jawab perempuan di rumah. Ini mungkin membuat mereka kesulitan buat olahraga, dan punya gaya hidup yang sehat," jelas Klingberg.
ADVERTISEMENT
Nah, kalau berat badan udah naik karena stres kerja, peneliti menyarankan untuk menyisipkan aktivitas yang dapat mengurangi stres. Misalnya, mengatur pernapasan, dan berjalan kaki kalau udah terlalu lama duduk.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan