kumparan
7 Agu 2017 17:12 WIB

Takut Ditilang Polisi, Mobil Jalan Mundur di Jalur Transjakarta

Mobil mundur di jalur busway (Foto: Instagram.com/wisnu.hartanto)
Jalur Transjakarta yang lengang memang sangat 'menggoda' untuk dilewati oleh kendaraan pribadi di tengah lalu lintas yang macet. Banyak yang sengaja menerabas jalur TransJ untuk menghindari kemacetan, seperti yang terjadi baru-baru ini.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun @wisnu.hartanto dan diunggah ulang oleh akun @jktinfo itu tampak 3 mobil yang berada di jalur TransJ yang harusnya steril dari kendaraan pribadi itu. Tak lama melaju, mobil-mobil tersebut justru berjalan mundur.
Kejadian ini berlokasi di jalur Transjakarta Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan. Aksi mundur ini bukan tanpa alasan.
Wisnu Hartanto, pengunggah video tersebut mengatakan mobil-mobil tersebut berusaha menghindari polisi yang berada di depannya.
Loading Instagram...
"Itu kejadiannya sekitar jam 12.30. (karena) Ada polisi di depannya, makanya pada mundur," ujar Wisnu kepada kumparan (kumparan.com) senin (7/8). Saat itu Wisnu sedang menuju ke arah Radio Dalam dari arah Gandaria City.
Ia menambahkan terdapat beberapa kendaraan lain yang juga berada di lokasi namun tidak sempat terekam.
ADVERTISEMENT
"Yang terekam sih yang tadi aja (3 mobil), sebelum saya rekam ada dua mobil dan beberapa motor lain," tambah Wisnu
Video ini mengundang reaksi beragam dari pengguna Instagram lain. Akun @krisnn_wow berkomentar "fitur rewind ig di aplikasiin sama jakarta yah", akun @iyunk.doank : "Yg bawa mobil kebanyakan mecin....jd gt deh", akun @donjoy201 "Berani melanggar tp tidak berani bertanggung jawab.... klo nyali kecil jng sok sok an melanggar... giliran ada polisi kabur mundur... " serta banyak lagi. Hingga berita ini ditulis, video tersebut sudah ditonton sebanyak 42 ribu kali.
Sterilisasi jalur Trans Jakarta (Foto: Nikolaus)
Aksi mobil mundur ini memang bukan yang pertama. Sebelumnya, sempat viral sebuah video mobil yang terpaksa mundur karena berhadapan dengan bus transjakarta. Kala itu sebuah mobil masuk di jalur busway di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Diketahui saat itu sedang terjadi pengalihan arus sehingga mobil tersebut masuk ke jalur busway.
ADVERTISEMENT
Pelanggaran di jalur busway sendiri sudah sangat sering terjadi. Meski telah diberikan sanksi tegas para pengendara seperti tak mengerti risiko yang akan mereka hadapi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan