Entertainment
·
8 Juli 2019 14:33

Tentang Aksi #BottleCapChallenge yang Viral Itu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tentang Aksi #BottleCapChallenge yang Viral Itu (14026)
Jason Statham saat mencoba #BottleCapChallenge. Foto: Instagram/@jasonstatham
Pernah enggak sih kalian kepikiran buat buka tutup botol pakai kaki? Rasanya kok kayak aneh dan mustahil gitu, ya.
ADVERTISEMENT
Nah meski kelihatannya enggak mungkin, tapi buka tutup botol pakai kaki beneran bisa dilakukan loh. Bahkan, aksi tak lazim itu kini viral di media sosial sebagai #BottleCapChallenge.
Lantas, apa itu sebenarnya #BottleCapChallenge?
Jadi, #BottleCapChallenge adalah seni membuka tutup botol dengan tendangan memutar 360 derajat. Saat melakukannya, tendangan harus tepat mengenai tutup botol. Haram hukumnya untuk menjatuhkan botol tersebut.
Di YouTube, Twitter, atau bahkan Instagram, ada banyak video #BottleCapChallenge yang dapat ditemui. Orang biasa, selebritis dunia, pemain sepak bola, hingga petinju melakukan tantangan itu. Sebut saja John Mayer, Mariah Carey, Zlatan Ibrahimovic, Paul Pogba, hingga Max Holloway merupakan sejumlah tokoh dunia yang ikut #BottleCapChallenge.
Di Indonesia, aksi ini juga diikuti oleh sejumlah selebriti tanah air. Misalnya Yura Yunita hingga Babe Cabita.
ADVERTISEMENT
Menurut salah seorang warganet yang ikutan #BottleCapChallenge, Avandy Satya Kurniawan, aksi tersebut bisa dibilang susah-susah gampang. Awalnya, dia merasa tertantang hingga kemudian mencobanya.
"Iseng aja bisa atau enggak, sesimpel itu," kata Avandy kepada kumparan, Senin (8/7).
Modalnya juga terbilang sederhana. Cukup menyediakan botol mineral yang sudah tak lagi terpakai. Peletakan kamera untuk alat perekam, serta sedikt editing agar video tampak slow motion.
Avandy mengatakan, dia sempat gagal sebanyak empat kali sebelum akhirnya berhasil melakukannya dengan sempurna. Ia bilang, tutup botol harus ditutup rapat. Konsentrasi adalah kuncinya.
Nah, siapa yang melakukannya pertama kali?
Sebetulnya, tak begitu jelas kapan pertama kali #BottleCapChallenge dilakukan. Namun menurut laporan The Sun, aksi semacam itu pertama kali dilakukan oleh Farabi Davletchin pada 25 Juni 2019. Farabi merupakan seorang petarung takwondo berkebangsaan Kazakhstan.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah video pendeknya di Instagram, Farabi belum menyebut aksinya sebagai #BottleCapChallenge. Alih-alih itu, ia menyebut aksinya sebagai #farakickschallenge. Aksinya itu sama persis dengan sejumlah video yang viral saat ini.
Usai Farabi, aksi tersebut diikuti oleh petarung MMA Max Holloway. Dalam sebuah videonya di Instagram, Holloway untuk pertama kalinya menggunakan istilah #BottleCapChallenge. Ia bahkan turut me-mention penyanyi John Mayer untuk turut serta dalam tantangan tersebut.
Laporan The Sun yang menyebut nama Farabi dan Holloway itu sendiri terangkum dalam sebuah artikel berjudul 'What is the bottle cap challenge and how did the viral trend start?' Laporan tersebut diturunkan pada 4 Juli 2019, merespons viralnya #BottleCapChallenge.
Meski demikian, berdasarkan penelusuran jejak digital yang kumparan lakukan, orang yang pertama kali melakukannya adalah orang Indonesia. Ia adalah Chintya Candranaya, seorang praktisi bela diri pencak silat asal Lampung.
ADVERTISEMENT
Paling tidak, Chintya mengunggah video tendangan pembuka tutup botol jauh lebih dahulu. kumparan melihat bahwa Chintya sudah mengunggahnya sejak tahun lalu, yaitu pada 31 Agustus 2018.
Memang, Chintya tak menggunakan istilah #BottleCapChallenge. Caption di Instagram-nya pun sederhana saja. Sesederhana ia menulis ‘Form is O O is form segala bentuk adalah abstrak keselarasan dn keseimbangan melahirkan pemahaman’.
Chntya juga jelas bukan orang sembarangan. Di Instagram, follower-nya kini mencapai 206 ribu. Kemampuan silat perempuan berusia 24 tahun tersebut sangat mumpuni. Ia teramat mahir memainkan beladiri tangan kosong.
kumparan sudah mencoba menghubungi Chintya melalui Direct Message Instagram, tetapi belum ada jawaban.
kumparan pun sudah mencoba melakukan aksi tersebut, tetapi gagal.
ADVERTISEMENT