kumparan
18 April 2019 16:01

Tidak Ada Rapper dalam Daftar 'Time 100 Most Influential People 2019'

kanye west.jpg
Kanye West. Dok. AFP/Patrick Kovarik
Setiap tahun, media prestius asal New York, Amerika Serikat ini membuat daftar panjang berisi 100 sosok paling berpengaruh di dunia. Mulai dari tokoh politik, pemuka agama, artis, desainer, seniman, pemimpin, sampai atlet.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Dikutip dari Hypebeast, untuk pertama kalinya sejak bertahun-tahun lalu, sama sekali enggak ada rapper dalam daftar '100 Most Influential People' versi Time Magazine. Sama sekali enggak ada nama Nicki Minaj, Kanye West, Jay-Z, Childish Gambino, Kendrick Lamar, atau Cardi B.
Daftar '100 Most Influential People' didominasi oleh musisi seperti Taylor Swift, Ariana Grande, dan Lady Gaga. ‘Captain Marvel’ Brie Larson dan Rami Malek juga berhasil menempatkan diri dalam daftar bergengsi ini.
Loading Instagram...
Di tahun-tahun sebelumnya, nama Kanye West konsisten menghiasi daftar ikon paling berpengaruh berkat single ‘I Am God’ buatannya. Sedangkan Nicki Minaj berhasil masuk pada 2016.
Meski dihiasi sederet musisi berbakat, enggak ada satupun yang membawakan genre hip hop yang sedang booming pada 2019. Kira-kira kenapa ya, guys?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan