Buzz
·
13 Agustus 2020 16:04

Tips agar Mahasiswa Tetap Bisa Raih Gelar Sarjana Luar Negeri di Tengah Pandemi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips agar Mahasiswa Tetap Bisa Raih Gelar Sarjana Luar Negeri di Tengah Pandemi (117601)
Ilustrasi kampus di Amerika Serikat. Foto: Pixabay
Buat calon mahasiswa yang pengin kuliah di luar negeri, khususnya Amerika Serikat dan Kanada, harus lebih bersabar di tengah pandemi COVID-19. Sebab, kalian perlu menunggu sampai kondisi dinyatakan cukup aman untuk belajar tatap muka.
ADVERTISEMENT
Kondisi seperti ini mungkin membuat beberapa pelajar kesulitan, antara harus mengikuti kelas dengan perbedaan waktu, memutuskan untuk mengambil jeda selama setahun, atau menjadwal ulang studinya.
Padahal, sebenarnya kamu bisa tetap mengantongi gelar sarjana luar negeri walau berada di Indonesia. Gimana caranya?

Cari universitas yang menerapkan kurikulum Amerika

Kurikulum di Amerika Serikat contohnya, memberikan fleksibilitas buat mahasiswa. Mereka yang sedang menjalankan studi sarjana dapat mengambil mata kuliah yang berbeda, sebelum memutuskan jurusan yang ingin diambil.
Bahkan setelah itu, mahasiswa boleh mengikuti mata kuliah lain dan memiliki jurusan ganda.
Nah, mencari universitas kredibel yang menerapkan kurikulum ini di Indonesia, bisa menjadi jawaban ideal untuk sekarang. Tetapi, carilah yang memiliki akreditasi, prestasi, dan kerja sama dengan universitas lain di AS atau Kanada.
Tips agar Mahasiswa Tetap Bisa Raih Gelar Sarjana Luar Negeri di Tengah Pandemi (117602)
Ilustrasi kampus. Foto: Pixabay

Cari universitas yang memungkinkan mahasiswa untuk mentransfer kredit secara fleksibel

Penting untuk mengetahui bagaimana kredit diberikan, dan bagaimana kredit universitas di Indonesia dikonversi ke standar internasional.
ADVERTISEMENT
Makanya, coba cari universitas di Indonesia yang menerapkan kredit berstandar Amerika, atau mengambil kelas online di universitas yang diinginkan.
Salah satunya yaitu Sampoerna University yang mengajak para lulusan baru untuk mengambil kelas online, sebagai bagian dari kuliah tahun pertama.
Dikutip dari keterangan yang diterima kumparan, nantinya mahasiswa dapat mentransfer kredit ke universitas mana saja di Amerika Serikat dan Kanada.
Dua tahun pertama di Sampoerna University memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh kredit akademik dari Broward College, yang dapat ditransfer ke program empat tahun di universitas di Amerika Serikat dan Kanada.
Tahun ketiga dan keempat juga memberikan mahasiswa pilihan untuk mendapatkan dua gelar (dalam Bisnis atau Teknik) melalui kerja sama dengan University of Arizona.
ADVERTISEMENT
Ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk mendapatkan gelar Strata 1 di Indonesia, serta gelar sarjana di AS.