Tips Jaga Kesehatan Finansial di Tahun Baru untuk Milenial

13 Januari 2022 15:20
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi milenial mengatur keuangan. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi milenial mengatur keuangan. Foto: Shutterstock
Bagi banyak orang, momen pergantian tahun mengisyaratkan motivasi untuk menjadikan hidup lebih bermakna. Berbagai resolusi pun disusun, mulai dari komitmen berolahraga, menjaga asupan makanan, membangun relasi lebih erat dengan kerabat, hingga menabung demi kesehatan finansial yang ideal. Tujuannya satu: menjadi pribadi yang lebih baik di tahun baru.
Seiring dengan meningkatkan literasi manajemen keuangan, resolusi untuk mencapai kesehatan finansial pun jadi favorit banyak orang. Segala upaya digalakkan demi pengelolaan keuangan yang baik. Apakah kamu salah satunya?
Mengerti hal tersebut, Maybank pun meluncurkan Tabungan U dan U iB, solusi tabungan 2-in-1 untuk berbagai kebutuhan dan kenyamanan nasabah. Bila dahulu kamu perlu memiliki beragam rekening membutuhkan proses administratif yang cukup memakan waktu dan tenaga, Maybank Tabungan U dapat memudahkan pengelolaan keuanganmu.
Direktur Community Financial Services (CFS) Maybank Indonesia, Steffano Ridwan, mengatakan, Maybank telah merancang Tabungan U agar dapat memudahkan para nasabah, terutama kalangan milenial.
"Di tengah tantangan untuk bisa merealisasikan resolusi, baik itu terkait hidup sehat maupun finansial, Maybank Indonesia menghadirkan solusi tabungan guna mendukung para milenial dan keluarga muda untuk mengelola keuangan sehari-hari sekaligus menabung melalui Maybank Tabungan U dan U iB. Kami juga telah merancang solusi tabungan ini dengan sedemikian rupa sehingga Nasabah dapat menyisihkan dana untuk masa depan tanpa mengesampingkan kebutuhan akan lifestyle trendi dan terkini," jelasnya.
Nah, dengan Maybank Tabungan U ini, kamu pun bisa melakukan beberapa cara sederhana untuk mencapai kesehatan finansial di tahun 2022. Apa saja?
Ilustrasi Menabung Foto: Pixabay/Storyblocks
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Menabung Foto: Pixabay/Storyblocks

1. Siapkan strategi untuk lunasi utang dan cicilan

Salah satu penghalang terbesar dalam mencapai kesehatan finansial adalah kondisi utang dan cicilan. Mulailah untuk mengatur strategi yang lebih bijak dalam melunasi keduanya. Kemudian, perbaiki pengelolaan keuangan dengan membedakan rekening transaksi dan rekening tabungan.
Maybank Tabungan U dan U iB hadir dengan dua rekening (2-in-1) dalam satu tabungan. Rekening U Transactional berfungsi sebagai rekening utama yang dapat digunakan untuk transaksi keuangan sehari-hari seperti, berbelanja, membayar tagihan bulanan, melakukan transfer antar bank hingga isi ulang berbagai aplikasi e-wallet.
Sementara itu, rekening U Goal Saver berfungsi sebagai rekening untuk menabung. Nasabah dapat menyisihkan dana untuk ditabung ke dalam U Goal Saver mulai dari Rp 100 ribu per bulan dengan beragam pilihan durasi menabung.

2. Banyak cara pintar menuju kesehatan finansial ideal

Tidak ada kata terlambat untuk memulai komitmen menuju kesehatan finansial ideal. Beberapa indikasi kondisi finansial sehat paling umum adalah tidak ada utang, dana darurat berkecukupan, dan perencanaan dana pensiun makmur. Cita-cita tersebut tidak hanya dapat dicapai cukup dengan menabung saja, tetapi juga dengan memperhatikan pos-pos pengeluaran kecil, seperti biaya administratif perbankan.
Keuntungan bagi nasabah Maybank Tabungan U dan U iB adalah bebas biaya transaksi tarik tunai di ATM bank lain hingga 30 kali per bulan dan biaya transfer online ke bank lain hingga 10 kali per bulan melalui M2U ID App. Kamu juga dapat menikmati bebas biaya administrasi bulanan rekening selama tersedia saldo minimum Rp 500 ribu sebelum transaksi. Alokasikan dana tersebut untuk menabung atau untuk melunasi utang ya!

3. Jadikan proses menuju finansial sehat ini sebagai journey yang menyenangkan

Pintar mengelola keuangan menuju dompet sehat harus juga didukung oleh semangat yang tidak padam. Ketika perjalanan menuju finansial sehat dijalankan dengan merana, akan ada kecenderungan untuk revenge shopping dengan berbelanja lebih boros lagi. Oleh karena itu, perjalanan yang menyenangkan dalam menabung menjadi sangat penting untuk menuju finansial yang sehat.
Uniknya, nasabah Tabungan U dan U iB bisa mendapatkan penawaran menarik saat berbelanja maupun bersantap di restoran yang telah menjadi merchant Maybank. Kamu dapat menikmati ragam diskon maupun cashback di lebih dari 500 merchant yang bekerja sama dengan Maybank. Jumlah cashback pun secara otomatis akan ditabungkan ke dalam rekening U Goal Saver, sehingga dapat meningkatkan saldo tabunganmu.
“Kami terus berupaya untuk menyediakan solusi keuangan yang fleksibel dan relevan bagi Nasabah di era teknologi digital yang maju. Tabungan U dan U iB terintegrasi dengan layanan digital M2U ID App/Web, dan ini akan memudahkan Nasabah untuk membuka rekening hanya dengan gerakan jari saja,” ujar Steffano.
Tak hanya itu, nasabah Tabungan U dan U iB juga dapat mengikuti program undian My Happy & Lucky Bank dengan syarat bertransaksi melalui M2U ID App. Semakin banyak kamu menabung, semakin tinggi pula kesempatanmu untuk memenangkan mobil Toyota Corolla Cross Hybrid dari program My Happy & Lucky Bank yang diselenggarakan Maybank Indonesia. Selain Toyota Corolla Cross Hybrid, ada juga Nissan Kicks, smartphone Samsung S21, road bike, serta ratusan voucher belanja.
Jadi, tunggu apalagi? Yuk buka Tabungan U dan U iB dan capai kesehatan finansial yang ideal mau dari sekarang! Untuk informasi lengkap mengenai Tabungan U dan U iB, silakan klik tautan ini. Jangan lupa juga follow Instagram Maybank Indonesia di sini agar kamu makin pintar kelola keuangan.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Maybank Indonesia
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020