Entertainment
·
24 Agustus 2020 15:33

Tips Jitu Memilih Celana Jeans Sesuai Bentuk Tubuh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Jitu Memilih Celana Jeans Sesuai Bentuk Tubuh (41143)
Ilustrasi menggunakan jeans Foto: Shutterstock
Celana jeans seakan udah jadi barang wajib yang dimiliki hampir semua orang. Variasi gayanya juga udah makin beragam, sampai-sampai bikin bingung mau pilih yang mana.
ADVERTISEMENT
Well, biar enggak salah pilih, coba sesuaikan dengan bentuk tubuh kamu. Dikutip dari Live About, ini dia tips jitu memilih celana jeans biar keliatan kece!

Tips memilih celana jeans sesuai bentuk tubuh

1. Hourglass body
Tips Jitu Memilih Celana Jeans Sesuai Bentuk Tubuh (41144)
Celana jeans bootcut dok levi.com
Buat kamu yang punya ukuran sama antara dada dan pinggul, namun dengan pinggang yang lebih kecil, lebih cocok menggunakan bootcut atau flare jeans yang sesuai sama lekukan tubuh.
Sebab, potongan yang lebih lebar di bagian bawah dapat menyeimbangkan pinggul kamu.
Selain itu, hindari menggunakan jeans yang non-stretch atau tidak bisa diregangkan. Kalau tertarik pakai skinny jeans, cari yang bergaya slim-fitting daripada skin-tight.
Hindari pula corak pudar di bagian pinggul karena dapat membuat tubuh terlihat lebih lebar.
ADVERTISEMENT
2. Pear shape body
Tips Jitu Memilih Celana Jeans Sesuai Bentuk Tubuh (41145)
Celana jeans straight leg dok levi.com
Kalau bagian bahu dan lingkar dada lebih kecil daripada pinggul, berarti kamu punya bentuk tubuh pear shape.
Pilih celana jeans yang memiliki garis panjang dari ujung pinggul hingga kelim, agar dapat menonjolkan bagian bawah kaki.
Kalau suka skinny jeans, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan straight leg jeans. Jadi, siluet yang ditampilkan lebih ramping dan menampilkan kesan kurus pada tubuh.
Perhatikan pula ukuran saku di belakang jeans. Ukuran besar lebih baik karena bagian belakang tubuh akan terlihat lebih kecil.
3. Plus size body
Tips Jitu Memilih Celana Jeans Sesuai Bentuk Tubuh (41146)
Celana jeans flare dok shop.mango.com
Kamu yang memiliki bentuk tubuh ini cocok memakai jeans yang dapat menyeimbangkan pinggul dan menyesuaikan lekuk tubuh.
Selain bootcut dan flare jeans, kamu dapat menggunakan straight leg jeans untuk menyeimbangkan pinggul dan paha. Selain itu, kamu juga dapat memilih jeans berwarna gelap.
ADVERTISEMENT
Hindari jeans dengan model cropped. Pilihlah yang menyentuh lantai sehingga kaki terlihat lebih panjang. Selain itu, sebaiknya jangan memakai low-rise jeans dan high-waisted jeans yang dapat menonjolkan perut
4. Boy shape body
Tips Jitu Memilih Celana Jeans Sesuai Bentuk Tubuh (41147)
Celana jeans skinny dok levi.com
Buat kamu yang berbahu tegap, lebar, sejajar dengan bagian panggul, dan pinggul yang ramping, cobalah mengenakan skinny jeans atau super skinny yang seolah memeluk kaki dengan erat.
Bentuk ini dapat menciptakan siluet yang melengkung karena meruncing di bagian bawah jeans. Hal ini dapat memberikan kesan yang indah pada kaki.
Kamu juga bisa memilih low-rise jeans untuk menambahkan lekuk ke pinggul dan bagian belakang. Selain itu, hindari menggunakan high-waisted jeans yang terlalu tinggi.
5. Tall body
Tips Jitu Memilih Celana Jeans Sesuai Bentuk Tubuh (41148)
Celana jeans mid-rise dok oldnavy.gap.com
Kalau kamu bertubuh tinggi, bisa mengenakan straight leg atau bootcut jeans agar dapat memperlihatkan kaki yang panjang.
ADVERTISEMENT
Celana mid-rise atau low-rise fit juga akan cocok dengan bentuk tubuh tinggi. Sebab, potongan ini dapat menambah efek lekukan pada pinggul dan bagian belakang kaki.
Hindari model super skinny, boyfriend jeans, dan ankle-length jeans, ya.
6. Petite body
Tips Jitu Memilih Celana Jeans Sesuai Bentuk Tubuh (41149)
Celana jeans straight leg dok levi.com
Untuk kamu yang bertubuh kecil, straight leg jeans adalah pilihan terbaik. Model ini membentuk garis vertikal dari pinggul yang dapat memberikan kesan panjang di bagian bawah kaki.
Buat memaksimalkan efeknya, kamu dapat memilih warna yang lebih gelap.
Meski kalian cocok menggunakan slim-fitting jeans, hindari skinny jeans atau model jahitan yang meruncing di bawah. Selain itu, lebih baik jangan pilih celana jeans dengan model cropped yang bisa membuat kaki terlihat semakin pendek.
ADVERTISEMENT
Laporan: Alexa Birgitta