kumparan
10 Januari 2018 8:56

VinylHub, Situs untuk Mencari Toko Rekaman di Seluruh Dunia

Piringan Hitam Lokal Indonesia Raya Seharga 1 Juta
Piringan Hitam Lokal Indonesia Raya Seharga 1 Juta (Foto: Tisiana Triwina/kumparan)
Sebuah website bernama VinylHub, mencoba mendokumentasikan setiap toko dan acara rekaman fisik (khususnya vinyl) yang ada di seluruh dunia.
ADVERTISEMENT
Dilansir Altpress, website tersebut sudah memiliki lebih dari 7000 daftar toko musik yang berada di Kanada hingga Indonesia, serta negara-negara yang ada di antaranya.
Website itu mampu melakukan hal tersebut dengan cara menghubungkan platform mereka dengan database dari situs Discogs, sebuah situs yang menyimpan data album dari musisi-musisi di seluruh dunia, dan hal tersebut dibuka untuk masukan dari luar.
Dengan cara tersebut, setiap orang bisa menambahkan toko-toko yang berlokasi di tempat tinggal mereka, sehingga membantu memberi tahu keberadaan toko tersebut ke dunia luas.
VinylHub Homepage
VinylHub Homepage. (Foto: dok. VinylHub)
Tertulis dalam websitenya, VinylHub memiliki tujuan untuk “membuat daftar toko rekaman & acara rekaman yang akurat, berguna untuk pengoleksi dan traveler yang ada di mana saja”.
Pada halaman utama situs tersebut terdapat juga sebuah peta yang menunjukkan di mana saja letak toko-toko rekaman, membuat mereka yang hobi mengoleksi rekaman fisik menjadi semakin mudah untuk menambah koleksi mereka.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan